ANALISIS KELAYAKAN USAHA TANI GAMBIR DI NAGARI LUBUK ALAI KECAMATAN KAPUR IX KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Amri Santo, Wedy Nasrul

Sari


ABSTRAK

 

Sektor pertanian merupakan sektor utama dalam perekonomian bangsa Indonesia. Sebagai agraris sebagian besar penduduk Indonesia menjadikan sektor pertanian sebagai sumber penghidupan. Gambir adalah salah satu tanaman yang berasal dari wilayah Asia Tengara terutama Indonesia dan Malaysia. Gambir di Indonesia pada umumnya digunakan untuk menyirih,campuran berbagai macam obat seperti kosmetik, obat kumur, obat sariawan, obat sakit kepala, diare dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan usaha tani gambir di Nagari Lubuk Alai Kecamatan Kapur IX Kabupaten Limah Puluh Kota. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu analisis usaha tani gambir di Nagari Lubuk Alai dilihat dari R/C ratio dan BEP volume produksi dan BEP harga,R/C. R/C 1 Ha (3,06) 2 Ha (2,37) 3 Ha (2,45) 4 Ha (2,48). Sedangkan BEP harga luas lahan 1 Ha Rp. 11,804, luas lahan 2 Ha Rp. 15,543, luas lahan 3 Ha Rp. 15,220, luas lahan 4 Ha Rp. 13,192. Dari R/C ratio dan BEP harga gambir pada Nagari Lubuk Alai layak.

 

Kata Kunci : Pendapatan, Kelayakan Usaha Tani, BEP, RC/Ratio


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Andre, N. et al. 2013. A review of the occurrence of non-alkoloidconstituents in Uncaria species and their structure-activity relationships.

Azmi Dhalimi. 2006. Permasalahan Gambir (Uncaria gambir L.) di Sumatera Barat dan Alternatif Pemecahannya. Volume 5 Nomor 1, Juni 2006 : 46 – 59. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Indonesian. Agriculture Technology Assessment and Developmen Institute Jl. Tentara Palajar No. Bogor 16111.

Nurul, Widya. 2018. Uji Respon Peg Terhadap Embrio Somatik Tanaman Gambir (Uncaria gambir Roxb.) Dalam Upaya Memperoleh Klon Gambir Toleran Cekaman Kekeringan. Menara Ilmu. Vol. XII. No.12.

Soekarwati. 2010. Agribisnis. Teori dan Aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v6i1.5657

Article Metrics

Sari view : 1 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.