RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt) AKIBAT PEMBERIAN BEBERAPA TAKARAN KOMPOS TITHONIA

irma suryani, Sevindrajuta Sevindrajuta

Sari


ABSTRAK

 

 

            Penelitian dalam bentuk percobaan lapangan tentang “Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt.) Akibat Pemberian Beberapa Takaran Kompos Daun Gamal ( Gliricidia sepium )” telah dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, yang terletak di Kelurahan Tanjung Gadang, Koto Nan IV Payakumbuh. Pada jenis tanah Inceptisol dengan ketinggian tempat ± 514 meter di atas permukaan laut. Percobaan penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan di mulai bulan Januari 2019 sampai Maret 2019.

Percobaan ini mengunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 5 percobaan dan 4 kelompok sehingga jumlah petakan seluruhnya adalah 20 petak. Ukuran petak adalah 1.2 x 1,4 m, dengan perlakuan 0 ton/ha, 4 ton /ha, 8 ton/ha, 12 ton/ha dan 16 ton/ha. Data hasil pengamatan terhadap tanaman jagung manis dirata – ratakan dan dianalisis secara statistik menggunakan uji taraf nyata 5 %. Jika F hitung lebih besar dari F tabel, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%.

Dari hasil percobaan dapat diambil kesimpulan bahwa pemberian takaran kompos daun gamal 12 ton/ha telah meningkatkan berat tongkol per tanaman, berat tongkol per petak dan berat tongkol per ha tanaman jagung manis.

 

           

Kata Kunci : Takaran, Kompos Daun Gamal, Pertumbuhan dan Hasil, Tanaman Jagung Manis

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Andri. 2015. Kompos Daun Gamal. Http://Www.Trubus-Online.Co.Id/Kompos-Daun-Gamal/. Diakses 22 Agustus 2018

Agil, Asshofi. 2012. Cara Budidaya Bawang daun. http ://Agil-asshofie.blogspot. com/2012/01/cara-budidaya-bawang-daun.html?m=1. Tanggal akses 10—10-2018.

Ibrahim, B. 2002. Intergrasi Jenis Tanaman Pohon Leguminosa Dalam Sistem Budidaya Pangan Lahan Kering Dan Pengaruhnya Terhadap Sifat Tanah, Erosi, Dan Produktivitas Lahan. Disertasi. Program Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin, Makasar.

Lahadassy J., Mulyati AM., Sanaba AH. 2007. Pengaruh konsentrasi pupuk organik padat daun gamal terhadap tanaman sawi. J Agrisistem. 3(6): 51-55.

Minardi S. 2006. Peran Asam Humat Dari Bahan Organik Dalam Pelepasan P Terjerap Pada Andisol. Disertasi Doktor. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya. Malang 171.

Muhammad R.F (2018). Efek Pemberian Beberapa Dosis Kompos Daun Gamal ( Gliricidia maculata Hbr ) Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kacang Merah ( Phaseolus vulgaris L. ).

Murtiningrum. 2010. Peran Air bagi Tanah dan Tanaman.

Natalia, H.,D.Nista, dan S. Hindrawati.2009. Keunggulan daun gamal. BPTU Sembawa, Palembang.

Novira, F., Husnayetti, Dan S. Yoseva. 2015. Pemberian Pupuk Limbah Cair Biogas Dan Urea, TSP, KCL Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Jagung Manis (Zea Mays Saccharata Sturt). Jom Faperta 2(1): 1-18.




DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v3i2.5587

Article Metrics

Sari view : 3 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.