Evaluation of Portfolio Assessment of Student Work in Arabic Language Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abduh, M. (2019). Penilaian Portofolio (Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) (Asrijanty (ed.)). Pusat Penilaian Pendidikan.
Ali Thomthowi Jauhari. (2018). Proses penilaian dengan menggunakan portofolio memberikan ruang yang lebih besar bagi guru dalam mengamati bagaimana setiap siswa berkembang dalam hal pemahaman teori [Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta]. In Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (Vol. 6, Issue 1). http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s00412-015-0543-8%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature08473%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2009.01.007%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2012.10.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s4159
Anam, C., & Balqis Fauzatul Rohmah. (2022). MERANCANG LEMBAR AKTIVITAS DAN PORTOFOLIO KERJA SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR. PGMI: JurnalPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 36–49.
Azkia Mafaza. (2015). Pelaksanaan Penilaian Poropolio dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia oleh Guru Kelas VI A SD Negeri Golo Yogjakarta. November, 6.
Barrett, H. (2007). Researching Electronic Portfolios and Learner Engagement: The REFLECT Initiative. Journal of Adolescent & Adult Literacy.
Depdiknas. (2003). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Punyusunan dan Penggunaan Alat Evaluasi serta Pengembangan Sistem Penghargaan Terhadap siswa. Diroktorat PLP-Ditjen Dikdasmen.
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Farida, I. (2017). evaluasi pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Fazilla, S., & Marisa, R. (2016). Pengembangan kemampuan guru dalam melakukan penilaian portofolio siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3).
Hakim, L., & Ubabuddin, H. (2023). PENILAIAN KETERAMPILAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(4). https://doi.org/https://stituwjombang.ac.id/jurnalstit/index.php/ilj/article/view/1267
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.
Magdalena, I., Aciakatura, C., Putri, W. A., & Azzizah, F. N. (2023). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Penilaian Portofolio. TSAQOFAH, 3(5), 802–815. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i5.1383
Magdalena, I., Hidayati, N., Dewi, R. H., Septiara, S. W., & Maulida, Z. (2023). Pentingnya Evaluasi dalam Proses Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. MASALIQ, 3(5), 810–823. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1379
Magdalena, I., Inayah, S. W., Sahidah, N., & Fitri, R. D. (2023). ANALISIS DAMPAK PENERAPAM METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI TAMAN CIBODAS. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 132–152. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.280
Marzuki, I. (2023). Urgensi Penilaian Portofolio Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Era Society 5.0. Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.31000/jkip.v5i2.10073
Misbahul Munir, H. (2023). EVALUASI KURIKULUM BAHASA ARAB DI SMP IT JAISYUL QUR’AN BANDUNG. SETYAKI : Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i2.196
Muhimmatul Choiroh. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA E-LEARNING. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554
Mukhlis, M. (2023). Komponen Utama Kurikulum Pendidikan Islam di Lingkungan Pesantren Sebagai Pembentuk Karakter dan Keagamaan Santri. Al-Ma’had: Jurnal Ilmiah Kepesantrenan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10652349
Narsinta, Y. A., Ismanto, B., & Rina, L. (2022). Sistem Asesmen Kompetensi dalam Penetapan Kelulusan SMA Negeri 2 Salatiga (Studi Perspektif Guru Sebagai Agen Pembelajaran). Jurnal Paedagogy, 9(4), 704. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5569
Ningrum, S. K. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(3), 118–123. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i3.1461
Rahman, H., & Maisurah, F. L. (2024). Pengajaran Bahasa Arab dan Sosiologi Masyarakat Islam Indonesia: Kajian Fenomenologi-Sosiolinguistik. Cognitive: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 31–46. https://doi.org/10.61743/cg.v1i2.44
Rahmawati, L. E., & Huda, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Muhammadiyah University Press.
Robert Baron, D. E. B. (2000). Social Psychology (9th ed.). Pinted In The United State Of America.
Rukmini, R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Penilaian Portofolio. Indonesian Journal of Action Research, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.14421/ijar.2023.21-01
Sanah, S., Odang, O., & Lutfiyani, Y. (2022). Model Pengembangan Keterampilan Berbahasa Arab di Pesantren. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(2), 271–293. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i2.20164
Santoso, B. (2014). Penilaian Portofolio Dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.22342/jpm.1.2.811.
Setiamiharja, R. (2016). Penilaian Portopolio Dalam Lingkup Pembelajaran Berbasis Kompetensi. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2). https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2806
Sunarto. (2002). Bentuk Kerjasama (Cooperation)Pada Interaksi Sosial. https://doi.org/(http://eprints.undip.ac.id/24431/1/IMA_OKT ORINA.pdf
Wahdi, N., Wijayanti, R., & Danang, D. (2019). Efektivitas Penagihan Pajak Dengan Surat Teguran, Surat Paksa, Dan Penyitaan Dan Kontribusinya Terhadap Penerimaan Pajak Di Kpp Pratama Semarang Tengah Satu. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 20(2), 106. https://doi.org/10.26623/jdsb.v20i2.1242
Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Zainudin, Z., & Ubabuddin, U. (2023). RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK SEBAGAI OBJEK EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(3). https://doi.org/https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilj/article/view/1197
DOI: https://doi.org/10.31869/aflj.v4i2.6008
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nikmatul Makfiro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.