Application of Clustering Method in Arabic Learning to Improve Speaking Skills for High School Levels
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusriati. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Melalui Pendekatan Saintifik dengan Teknik Clustering dan Fastwriting Siswa Kelas XI ATPH SMK Negeri Pertanian Pembangunan Cianjur. SIMPUL JUARA, V o l . 2 (e-ISSN: 2715-5927), 6. http://simpuljuara.disdik.jabarprov.go.id
Alwi, H. (2003). TATA BAHASA BAKU BAHASA INDONESIA (edisi ketiga) (3rd ed.). Jakarta : Balai Pustaka.
Arifuddin, H. (2019). Improvement of Poetry Writing Skills By Using Clustering Technique of Class Viii Students of Smp Negeri 3 Alla, Enrekang District. Celebes Education Review, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.37541/cer.v1i1.4
Asmil, A. D., & Hasrul, H. (2020). Studi Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran (Set Induction and Closure Skills) oleh Guru PPKn di SMP N 25 Padang. Journal of Civic Education, 3(3), 350–359. https://doi.org/10.24036/jce.v3i3.385
Azizah, N., Anshori, D. S., & Abidin, Y. (2019). TEKNIK CLUSTERING BERBANTUAN MEDIA KOMIK STRIP DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 419–427. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa
De Porter, B., & Hernacki, M. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Sari Meutia (ed.); Cetakan XX). Bandung : Kaifa PT.Mizan Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=6_Nx2_6T2cAC&lpg=PR4&hl=id&pg=PR4#v=onepage&q&f=false
Dewiyani, A. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK CLUSTERING DENGAN MEDIA FOTO JURNALISTIK. 8.
Dhita Ayu Septianingsih, R. A. K. (2019). Efektivitas Quantum Learning melalui Teknik Clustering dalam Pembelajaran Shochuukyu Sakubun untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Semester IV Program Studi Sastra Jepang STBA JIA. Jurnal Taiyou, Vol.02 No., 12. journal.uhamka.ac.id
Dimyati, & Mudjiono. (2006). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jakarta : Rineka Cipta.
Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929
Hermawan, D., Roup, & Jurjani, A. (2021). EFEKTIVITAS METODE TILAWATI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SISWA SDIT BINTANG TANGERANG SELATAN. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 168–187. https://doi.org/10.32806/jkpi.v2i1.35
Herwanis, D., & Susidamaiyanti. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Berbahasa Inggris Melalui Teknik Clustering Pada Program Studi Tadris Bahasa Inggris Di Stain Gajah Putih Takengon. Jurnal As-Salam, 4(2), 216–230. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i2.185
Julianingsih, M. (2020). PENERAPAN METODE CLUSTERING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR BABUSSALAM KOTA PEKANBARU.
Khalilah, N., & Hasanah, U. (2021). MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA PKANDANGAN BLUTO SUMENEP TAHUN AJARAN 2020-2021. Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 2 No.(1), 40–56.
Khoiriyah, H. (2020). Metode Qirā’Ah Dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab Untuk Pendidikan Tingkat Menengah. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 10(1), 32. https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7804
Kuswoyo. (2017). KONSEP DASAR PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALAM. An-Nuha, Vol. 4, No(KONSEP DASAR PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALAM), 10.
Mirnawati, & & Firman, J. S. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo Pendahuluan. 2(2), 165–177.
Moeslichatun. (2001). Strategi Pembelajaran di Taman Kanak – kanak. Jakarta : Rineka Cipta.
Mubarok, Z., & Darmawan, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Clustering Dalam Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sd Yapis 02 Manokwari. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 332–341. http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/153
Mustafa. (2020). Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab & Pendidikan Bahasa Arab Dinamika Metode Pembelajaran Bahasa Arab. 1(2), 56–71.
Mustafa, A.-G. (2005). Jami’ ad-Durus al-‘arabiyah jilid I (jilid 1). Beirut : Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah.
Mustofa, B., & Hamid, A. (2016). Metode & strategi pembelajaran bahasa arab (I. Muslimin (ed.); Cetakan IV). Malang : UIN Maliki Press.
Mustofa, S. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif (UNSPECIFIED (ed.)). Malang : UIN Maliki Press.
Nuha, U. (2016). RAGAM METODOLOGI & MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Dirusdi Toanto (ed.); cet. 1). Yogyakarta : DIVA Press.
Permana, A., & Bambang, S. (2017). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE CLUSTERING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA DITINJAU DARI PENGUASAAN KOSAKATA (Eksperimen pada sisw kelas X SMK Swasta di Kota Depok). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(budaya literasi dalam pembelajaran bahasa), 12–16. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/20226
Rahmatullah, A. S., & Purnomo, H. (2020). Kenakalan Remaja Kaum Santri Di Pesantren (Telaah Deskriptif-Fenomenologis) . Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 222–245. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.222-245
Rismaneti, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Clustering dengan Media Foto Jurnalistik Pada Siswa Kelas VIII.6 di SMP Negeri 13 Pekanbaru. Instructional Development Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.24014/idj.v1i2.6548
Sagala, S. (2010). KONSEP DAN MAKNA PEMBELAJARAN (cet. 8). Bandung : Alfabeta.
SM, I. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, efektif dan Menyenangkan). Semarang : RaSAIL Media Group. http://books.google.co.id/books?is=Zz8VMwEACAAJ&dq=intitle:strategi+pembeljaran&hl=&source=gbsapi
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. ke-17). Bandung : Alfabeta.
Sumarni, H., Asdar, & Sundari. (2020). Efektivitas Penerapan Teknik Clustering Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. BJE 1(1): 05-08, Desember 2020, 1(1), 5–8.
Supri, Z. (2020). What Is Accounting ?? Mengungkap Ragam Makna Akuntansi (Studi Pendekatan Fenomenologi). Global Islamic Economy (GIE), 1 (1)(Mei), 67–77.
Supriadi, R. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK CLUSTERING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI (INSYA). ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, Vol. 1, No. 1, April 2018, 1(1), 47–56. https://doi.org/https://10.17509/alsuniyat.v1i1.24198
Wangi, E., & Pujosusanto, A. (2020). PENGGUNAAN TEKNIK CLUSTERING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JERMAN SISWA KELAS X1 BAHASA SMAN 1 GEDANGAN Emiliana Wangi Drs . Ari Pujosusanto , M . Pd . UNESA, 12.
Yusuf, T., & Anwar, S. (1995). Metodologi pengajaran agama dan bahasa Arab (Ed. 1, cet). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.31869/aflj.v2i2.3456
Article Metrics
Abstract view : 295 timesPDF - 152 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Saidatul Abidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.