KARAKTERISTIK HABITAT DAN SEBARAN POPULASI Rhizanthes lowii Becc. DI CAGAR ALAM BATANG PALUPUH KABUPATEN AGAM

Ringga Agus Syahputra, Zulmardi Zulmardi, Gusmardi Indra

Sari


Abstrak

Salah satu tumbuhan langka dan unik yangterdapat di Indonesia dari famili Rafflesiaceae. Tanaman yang terdapat di Cagar Alam Batang Palupuh diantaranya Rhizanthes lowii. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Karakteristik Habitat dan Sebaran Populasi Rhizanthes lowii di Cagar Alam Batang Palupuh Kabupaten Agam. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Mei 2022. Penelitian ini menggunakan metode Purpose sampling dengan penempatan titik berdasarkan penemuan Rhizanthes lowii, ditemukan tiga titik dan untuk masing- masing titikdibuat plot berukuran 20 m x 20 m sebanyak empat plot, dengan demikian ada 12 plot, data yang diambil adalah Rhizanthes lowii, jenis tumbuhan, titik koordinat, faktor fisis. Hasil penelitian pada habitat Rhizanthes lowii didapatkan 48 jenis tumbuhan dari 35 famili yang tumbuh di habitat Rhizanthes lowii. Pada tingkat semai didapatkan 28 jenis tumbuhan dengan jenis paling dominan adalah Coffie robusta dengan INP 54,87%, sedangkan tingkat pancang didapatkan 18 jenis tumbuhan dengan jenis paling dominan adalah Coffie robusta dengan INP 118,97%, serta pada tingkat tiangdidapatkan 18 jenis tumbuhan dengan jenis paling dominan adalahCinnamomum sp. dengan INP 34,10%, dan pada tingkat pohon didapatkan 18 jenis tumbuhan yang paling dominan Garcinia sp. dengan INP 31,60%. Sebaran Rhizanthes lowii didapatkan tiga titik sebaran. Suhu rata-rata Rhizanthes lowii yaitu 25,7 ˚C dan kelembaban rata-rata yaitu 64,5 %.

Kata Kunci: Rhizanthes lowii, Habitat, Populasi, Cagar Alam


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTARPUSTAKA

Banziger, H., & Hansen, B. (2000). A new taxonomic revision of a deceptive flower, Rhizanthes Dumortier (Rafflesiaceae). Natural History Bulletin of the Siam …, 117–143.

Heriyanto, N.M., I. Samsoedin, M. Bismark. 2019. Keanekaragaman hayati floradanfaunadikawasanhutanbukitdatukDumaiProvinsiRiau.Jurnal Sylva Lestari. 7(1): 82-94.

Indriyanto.2006.EkologiHutan.PenerbitPt.BumiAksara.Jakarta.

Kathy, M.K. 1992. Nature’s Treasurehouse-The Wildlife of Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Meijer, W., & Veldkamp, J. (1988). A revision of Rhizanthes (Rafflesiaceae). Blumea - Tijdschrift Voor de Systematiek En de Geografie Der Planten, 33(2), 329–342.

Odum,P.E.1996. Dasar-DasarEkologi. Terjemahan IR.Tjahyono Samingan. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.

Soemarwoto,O. 1983. ekologi lingkungan hidup dan pembangunan. Penerbit Djabatan.Jakarta

Susatya, A. (2003). Populasi dan Siklus Hidup Tumbuhan Langka Rhizanthes loweii (Becc.) Harm di Taman Nasional Kerinci-Seblat Resort Katenong. Journal Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia, 5(2), 71–76.

Susatya, A., K.M. Salleh, A. Hikmat, A. Latif. 2001. Distribusi dan Konservasi Rafflesia di Indonesia. Seminar Konservasi Puspa Langka Rafflesia. Bogor.

Utomo. B. 2009. Kerusakan hutan akibat invasi tumbuhan eksotik di hutan pegunungan atas (1500-2400 mdpl) taman nasional gunung gede parangrao. VISI 17: 28-38.


Article Metrics

Sari view : 42 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jl. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah - Padang - Sumatera Barat