POTENSI BUDIDAYA TANAMAN SAGU (Metroxylon sagu) DI KEPULAUAN MENTAWAI SUMATERA BARAT

Firman Hidayat, Wedy Nasrul, Gusmardi Indra, Eko Subrata, Zulmardi Zulmardi

Sari


ABSTRAK
Sagu (Metroxylon sagu) adalah jenis palem yang tumbuh di daerah rawa, dan mempunyai daya adaptasi yang tinggi.Indonesia memiliki potensi sebagai penghasil sagu terbesar karena tempat tumbuhnya yang luas, serta menjadi bahan makanan pokok utama beberapa daerah, termasuk daerah Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat.Penelitian ini melihat potensi dan permasalahan tanaman sagu di Taman Nasional Siberut Kepulauan Mentawai. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey dan wawancara serta diskusi. Hasil penelitian menunjukan Taman Nasional Siberut Kepulauan Mentawai memiliki potensi hutan dan budidaya tanaman sagu terutama di Desa Sagu Lubeg, Simatalu dan Simalegi dengan luas total 492,72 Ha.Terdapat kerusakan hutan sagu seluas di kawasan Balai Taman Nasional Siberut, jenis kerusakan terdiri dari berat, sedang dan ringan. Untuk rusak berat Desa Sagu Lubeg mencapai 52,02 Ha, Desa Simatalu 10,21 dan Desa Simalegi 40,18 Ha sehingga perlu proses pemulihan ekosistem untuk kelestarian lingkungan dan keberlangsungan pangan masyarakat.
Kata Kunci : Potensi, Budidaya, Sagu, Kepulauan Mentawai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Alhamid HYO, Lekitoo dan Sumitro. 1996. Aspek sosial ekonomi dan sosial budaya masyarakat peramu sagu disekitar Teluk Bintuni. Jurnal Penelitian Kehutanan, Vol 3(1). Departemen Kehutanan. Manokwari.

Asmuruf F, Jimmy F. W. dan A. Rumatora. 2018. Budidaya Dan Pemanfaatan Sagu (Metroxylon Sp.) Oleh Sub-Etnis Ayamaru Di Kampung Sembaro Distrik Ayamaru Selatan.Jurnal Kehutanan Papuasia 4 (2): 114–127

Lekitoo K, Peday HFZ, Panambe N and Cabuy RL. 2017. Ecological and ethnobotanical facet of ‘Kelapa Hutan’ (Pandanus spp.) and perspectives towards its existence and benefit. International Journal of Botany, 13: 103-114.

Notohadiprawiro T dan Louhenapessy JE. 1992. Potensi sagu dalam penganekaragaman bahan pangan pokok ditinjau dari persyaratan lahan. Prosiding Simposium Sagu Nasional, Ambon 12-13 Oktober 1992.

Salosa YPS. 1997. Teknik pembibitan dan penanaman sagu (Metroxylon Spp.) masyarakat Inanwatan Kabupaten Sorong. Skripsi Sarjana Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Cendrawasih Manokwari.

Suryana, A. 2007.Arah dan Strategi Pengembangan Sagu di Indonesia.Makalah disampaikan pada lokakarya pengembangan sagu Indonesia.Batam, 25-26 Juli 2007.


Article Metrics

Sari view : 43 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jl. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah - Padang - Sumatera Barat