PERSEPSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP WISATA ALAM AIR TERJUN PELANGAI GADANG DI KAMPUNG BENDANG NAGARI PELANGAI GADANG KECAMATAN RANAH PESISIR KABUPATEN PESISIR SELATAN

Vegi Syafda Putra, Yumarni Yumarni, Noril Milantara

Sari


ABSTRAK
Wisata Alam Air Terjun Palangai Gadang terletak di dalam wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, tapatnya di Nagari Palangai Gadang Kecamatan Ranah Pesisir. Lokasi ini sudah lama dikenal sebagai wisata alam namun banyak masyarakat dari luar daerah yang belum mengetahui keberadaan dari Wisata Alam Air Terjun Palangai Gadang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan bentuk partisipasi masyarakat terhadap Wisata Alam Air Terjun Palangai Gadang. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Agustus 2021 di Wisata Alam Air Terjun Pelangai Gadang di Kampung Bendang Nagari Pelangai Gadang Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner tertutup dan menggunakan Skala Likert dalam pemberian skor jawaban responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling dan jumlah responden ditentukan menggunakan teknik Quota Sampling, yaitu sebanyak 40 responden dengan kriteria responden masyarakat (25 orang), pengunjung (10 orang) dan responden dari pihak pengelola (5 orang). Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif. Karakterisitik dari responden dilihat dari kategori jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan. Persepsi responden masyarakat adalah 115,2 (sangat setuju), persepsi pengunjung adalah 38,2 (setuju) dan persepsi pihak pengunjung adalah 22 (sangat setuju). Seluruh responden berpendapat bahwa diperlukan perbaikan akses jalan dan penambahan fasilitas pada lokasi wisata. Tingkat capaian responden (TCR) untuk responden masyarakat adalah 92% (sangat baik), pengunjung 76,4% (baik) dan pihak pengelola 88% (sangat baik). Bentuk partisipasi masyarakat adalah partisipasi dalam bentuk ide/gagasan, tenaga dan keahlian. Skor jawaban responden terhadap partisipasi dalam bentuk ide/gagasan sebesar 117 (sangat setuju), partisipasi dalam bentuk tenaga adalah 98 (setuju) dan partisipasi dalam bentuk keahlian adalah 108,8 (sangat setuju).
Kata Kunci : Wisata alam, Pelangai Gadang, persepsi, partisipasi, Skala Linkert


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdurahman, Y.A. 2011. Persepsi Masyarakat mengenai Partisipasi dalam Peningkatan Kualitas Lingkungan Objek Wisata Pantai Lumpue Kota Parepare. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar

Adrianto, Bowo. 2006. Persepsi dan Partisipasi Masyarakat terhadap Pembangunan Prasarana Dasar Permukiman yang Bertumpu pada Swadaya Masyarakat di Kota Magelang. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Anonymous. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Kementerian Periwisata RI. Jakarta.

Amanah, S. 2007. Makna Penyuluhan dan Tranformasi Prilaku Manusia. Jurnal Penyuluhan. Vol. 3, No.1.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Metedologi Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Penerbit Rhineka Cipta.

Nisa, A, dkk. 2019. Strategi Pengembangan Ekowisata di Kawasan Konservasi Mangrove Pantai Kertomulyo, Trangkil, Pati. Jurnal Sumberdaya Perairan. Vol 8, No.3.

Riyani, E. 2018. Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Objek Wisata Alam Air Terjun Jumog dan Dampak terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat (Studi di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.


Article Metrics

Sari view : 251 times
PDF - 464 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jl. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah - Padang - Sumatera Barat