INTENSITAS SERANGAN HAMA PADA HUTAN MANGROVE DI NAGARI SUNGAI NYALO MUDIAK AIA KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Yosi Warniani, Desyanti Desyanti, Zulmardi Zulmardi

Sari


Hutan Mangrove adalah tipe hutan yang tumbuh di daerah pasang-surut air laut dan toleran terhadap garam. Kualitas kesehatan hutan akan mempengaruhi berjalannya fungsi hutan. Fungsi suatu hutan dapat berjalan secara optimal apabila pohon-pohon penyusunnya dalam keadaan baik, hutan mangrove yang harus diperhatikan kesehatannya. Kesehatan hutan mangrove sangat berkaitan erat terhadap kondisi kerusakan pohon mangrove. Kondisi kesehatan hutan mangrove, selain diindikasikan oleh kerapatan vegetasi, jenis mangrove yang terserang hama dan intensitas serangan hama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kerapatan vegetasi, jenis mangrove yang terserang hama dan intensitas serangan hama. Penelitian ini dilakukan di hutan mangrove Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia Kecamatan Koto Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan pada bulan September sampai Oktober 2021 menggunakan metode Transek Garis dan Petak Contoh (Line Transect Plot). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 3 komposisi jenis mangrove yaitu Lummnitzera littorea, Rhizopora apiculata, dan Hibiscus tiliaceus. Rata-rata persentase serangan hama pada hutan Mangrove adalah 77,65% dalam kategori Berat dan untuk Rata-rata intensitas serangan hama pada Hutan Mangrove adalah 35,91% sedangakn Rata-rata kerapatan pohon mangrove adalah 1.100 pohon/ha kategori sangat padat.
Kata kunci : Hama, persentase serangan, Intensitas, Kerapatan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiman, R.A. 2021. Serangan Hama Dan Kerusakan Pada Hutan Mangrove Di Jorong Sikabau Nagari Parit Krcamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat. Strofor Jurnal Vol. 05, No 02.

Kusmana, C. 1997. Metode Survey Vegetasi. Bogor. Institut Pertanian Bogor. Setyawan, A.D. dan Winarno, K. 2006. Pemanfaatan Langsung Ekosistem Mangrove di Jawa Tengah dan Penggunaan Lahan di Sekitarnya, Kerusakan dan Upaya Restorasinya. Biodiversitas 7(3): 282-291.

Vitanouva Community, 2010. Hama dan Penyakit. Community Forum Vitanouva. http://www.harismedia.com. Diakses 19 Juli 2010.


Article Metrics

Sari view : 125 times
PDF - 86 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jl. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah - Padang - Sumatera Barat