PEMENUHAN HAK PASIEN PENGGUNA LAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN OLEH PIHAK RUMAH SAKIT
Sari
Perlindungan Konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum guna memberikan perlindungan kepada konsumen. Pemerintah mewujudkan perlindungan konsumen ini dengan mengeluarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 pasal 4 Tentang hak konsumen,hak atas kenyamanan, keamanan dan kesalamatan dan hak atas informasi yang benar,jelas dan jujur,hak untuk didengar keluhannya. Namun kenyataannya masih banyaknya pelayananan yang bertolak belakang dengan yang ada didalam UUPK. pemenuhan hak bagi pasien pengguna layanan BPJS Kesehatan, dan kendala dalam melaksanakan pelayanan BPJS kesehatan, di RSUD DR.Muhammad Zein. Metode Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris analisis yang digunakan kualitatif, pemenuhan hak pasien dalam pelayanan masih belum sesuai dengan standar prosedur yang ada di RSUD Dr.Muhammad Zein Painan, RSUD juga memperlakukan hal yang sama pada pasien tanpa melihat penjamin pasien tersebut. Adapun hak pasien pengguna layanan BPJS tiap kelas sudah sesuai dengan prosedurnya dan keterlambatan pelayanan diakibatkan tidak ada pembeda antara pasien BPJS dengan Pasien Umum semua pasien dimasukan dalam 1 antrean yang berakibatkan lamanya pelayanan karna sesuai dengan nomor antrean. kurangnya informasi yang didapatkan oleh pasien sehingga membuat kesalah pahaman antara rumah sakit dengan pasien.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buku:
Ahmadi Miru dan Sutaman Yodo, Hukum Perlindungan Konsumen, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010),
Andrian Sutedi, Tanggung Jawab Produk Dalam Perlindungan Konsumen, (Bogor: Ghaila Indonesia, 2008
Prof. Dr. Soekeidjo Notoatmadjo, Etika Hukum dan hukum Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta 2010
Rosihan Adhani “Mengelola Rumah Sakit” Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press, 2018
Wulan Frederik, Aktual Hukum Perlindungan Konsumen, Semarang: University Diponegoro, 2010
Jurnal:
Nuryati “Kendala Pelaksanaan Program JKN Terkait Penerimaan Pasien Medis, Pelaporan dan Pendanaan JKN diPuskesmas Gondokusuman Yogyakarta” “Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia” Vol4 No 01 3 September.
Debra DKK”Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget” Down District of Manado Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado,Suplemen Vol,5.No,1 Januari 2015
Reinhard Politon” Pemenuhan Hak dan Kewajiban Sesuai Kesepakatan Para Pihak dalam Kontrak Ditinjau Dari Kitab Undang-Undang Hukum Perdata” “Jurnal Unsrat” vol.VI No.3 Agustus 2022
Setya Wahyudi: “Tanggung Jawab Rumah Sakit Terhadap Kerugian Akibat Kelalain Tenaga Kesehatan dan Implikasinya, “Jurnal Dinamika Hukum”, Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman, Vol 11 No 3, September 2011
Sri Handayani. “Tingkat Kepuasan Pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas Baturetno “jurnal penelitian profesional islam
Article Metrics
Sari view : 139 timesPDF - 51 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##