PERANCANGAN SISTEM OTOMATISASI TIRAI VERTICAL BLIND DAN LAMPU RUANGAN DENGAN SENSOR LDR

Asriyadi Asriyadi, Ciksadan Ciksadan

Sari


Penelitian ini menitikberatkan pada perancangan sistem otomatisasi tirai vertical blind dan lampu ruangan yang sangat bermanfaat bagi aktifitas rumah tangga sehingga pemilik rumah tidak perlu membuka dan menutup tirai vertical blind maupun menyalakan dan mematikan lampu. Dari hasil pengujian sistem otomatisasi tirai vertical blind dan lampu ruangan didapatkan bahwa pada sensor LDR, motor servo dan modul relay mengalami kenaikan tegangan sebesar 0,01 V baik ketika tirai menutup atau membuka dan lampu ruangan menyala dan mati. Sedangkan pengukuran dengan menggunakan osiloskop tercatat bahwa masing-masing titik pengukuran pada sensor LDR, motor servo dan modul relay didapatkan kenaikan tegangan peak to peak dari 1 Vpp ke 2 Vpp.


Teks Lengkap:

Hal 157-166

Referensi


Atmadera, Nindya dan Edielisha, Putri. 2016. Rancang Bangun Pengendali tirai Vertical Blind dengan Menggunakan Gelombang Radio atau Radio Frekuensi. Program Studi Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Budin, AR. 2016. Rancang Bangun Pengendalian Intensitas Cahaya dengan Smartphone Android Melalui Bluetooth Berbasis Mikrokontroler. Program Studi Teknik Komputer, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Azizah Nor,Ahmad, Dharmawan, Andi. 2011. Purwarupa Sistem Otomasi Buka Tutup Tirai Berbasis Light Dependent Resistor. Universitas Gadjah Mada. Budhiarto, dkk. 2009. Mikrokontroler dengan Bahasa Pemograman .Yogjakarta : C.V Andi offset.

Ihsanto, Eko. Rifky, MF.2015. Prototype Pengendali Gorden Otomatis Berbasis Smartphone Android. Jurnal Teknik Elektro, Universitas Mercu BuanaVol. 6. No. 1 Januari 2015.

Sutono. Perancangan Sistem Aplikasi Otomatisasi Lampu Penerangan Menggunakan Sensor Gerak Dan Sensor Cahaya Berbasis Arduino Uno (Atmega 328). Universitas Komputer Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v1i2.702

Article Metrics

Sari view : 484 times
Hal 157-166 - 342 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.