ANALISIS PEMANFAATAN ENERGI DARI PENGOLAHAN METODE LANDFIIL DI TPA MUARA FAJAR PEKANBARU

Monice Monice

Sari


Energi terbarukan dan ramah lingkungan sangat banyak ditemui dan berasal dari proses alam yang berkelanjutan, seperti sinar matahari, angin, air, biofuel, dan geothermal. Tetapi hal tersebut belum dimanfaatkan maksimal. Salah satu energi tersebut berasal dari sampah, pemanfaatan sampah kota menjadi sumber energi dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa teknologi diantaranya adalah dengan metode Landfill. Pada Metode landfill ini sampah ditumpuk dan ditutupi sehingga menghasilkan gas metan. Gas inilah yang digunakan untuk membangkitkan energi listrik. Dari hasil Analisis penelitian ini Kota Pekanbaru sangat berpotensi dalam memanfaatkan sampah kota menjadi energi listrik. Dengan potensi sampah setiap harinya yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, akan mengalami proses anaerob dalam beberapa lama. Analisis penelitian ini dibantu dengan safware Landfill Gas Emissions Model (LandGem) yang dapat memperkirakan gas metan yang dihasilkan dari total sampah yang masuk k TPA. Dari hasil perhitungan dengan metode metode landfill   pada tahun 2017 adalah 6.806 kWh, gas metan yang dihasilkan diperoleh dengan Landfill Gas Emissions Model (LandGEM ).


Teks Lengkap:

Hal 215-220

Referensi


Ilyas, Omar. Sanitary Landfill Energy Harnessing And Applications.Journal Of Engineering, Design And Technology. Volume 3 Number 2 2005 . Peninsula University Of Technology.

Cokorde, GIP, 2010, Penggunaan Sampah Organik Sebagai Pembangkit Listrik Di TPA Suwung Denpasar, Jurnal Teknologi Elektro Universitas Udayana Bali, Vulume 9, No 2. 2010

Gary C, Young. Municipal Solid Waste To Energy Conversion Processes. Wiley 2010

Badan Pusat Statistik Prov Riau, 2015. Riau dalam angka. Katalok BPS:1102001.14

SNI 19-3964-1994 tentang Metode Pengambilan dan Pengukuran Contoh Timbulan dan Komposisi Sampah Perkotaan. Badan Standarisasi Nasional.

Dinas kebersihan kota Pekanbaru

Gary C Young, 2010, Municipal Solid Waste To Energy Conversion Processes.

Monice, Analisis Potensi Sampah sebagai bahan baku Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Pekanbaru. Jurnal Sainetin Universitas lancang Kuning. Pekanbaru 2016




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v1i2.700

Article Metrics

Sari view : 665 times
Hal 215-220 - 611 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.