PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA PRODUKSI READY MIX CONCRETE (STUDI KASUS: PT. IGASAR PADANG)

Utami Dewi Arman

Sari


Dasar pemikiran perlunya Total Quality Management (TQM) adalah cara terbaik agar perusahaan dapat bersaing dan unggul dalam persaingan global dengan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, diperlukan upaya perbaikan berkesinambungan terhadap kemampuan manusia, proses dan lingkungan sesuai dengan kebutuhan dan kepuasan konsumen. Untuk mengkaji bagaimana penerapan Total Quality Management (TQM) dalam produksi ready mix concrete di PT. Igasar, maka dilakukan studi kasus dengan menyebarkan angket kuisioner pada beberapa konsumen, melakukan wawancara kepada staf di unit produksi dan unit yang terkait lainnya serta mengumpulkan data-data tertulis yang telah didokumentasikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sejauh mana penerapan Total Quality Management (TQM) pada proses produksi ready mix concrete dan merekomendasikan teori penerapan TQM. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa PT. Igasar belum menerapkan TQM namun telah menerapkan Total Quality Control (TQC), yang dalam hal ini TQC merupakan elemen dari TQM itu sendiri. Berdasarkan hasil analisis perhitungan statistik, dari segi informasi tentang produk diperoleh bahwa 30 % dari jumlah pelanggan mengetahui dan menggunakan produk ready mix concrete dari konsumen lain, 30 % mengetahui dari promosi dan 40% mengetahui sendiri. Dari segi jadwal pengiriman produk, 20 % dari pelanggan menyatakan tidak terlambat, 70% menyatakan kadang-kadang terlambat dan 10 % menyatakan sering terlambat, sedangkan dari segi pelayanan, 30 % dari pelanggan menyatakan sangat puas dengan tanggapan keluhan, 50 % menyatakan cukup puas dengan tanggapan keluhan dan 20 % menyatakan tidak puas dengan tanggapan keluhan. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa produk ready mix concrete dari PT.Igasar dinilai memenuhi spesifikasi dan persyaratan yang ditetapkan oleh konsumen, namun dari segi pelaksanaan termasuk jadwal pengiriman dan pelayanan kurang memuaskan bagi konsumen.

Kata kunci: pengendalian, mutu, waktu, pengiriman, ready mix concrete


Teks Lengkap:

Hal 90-104

Referensi


(1) Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana, 2001, Total Quality Management, Edisi Revisi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

(2) Materi Workshop, Proyek Peningkatan Pendidikan Sains dan Keteknikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Buku Pertama.

(3) Oberlender, D, Garold, Project Management For Engineering

(4) G Rani, Iskandar, 1995,Teknoologi Beton, Penerbit FPTK IKIP Padang

(5) Kardiyono, 1998, Hubungan Air Semen dan Kuat Tekan Silinder Beton Dengan Agregat dari Sungai Krasak, Penerbit UGM,Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v1i1.610

Article Metrics

Sari view : 2439 times
Hal 90-104 - 1025 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.