ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU TERHADAP PROYEK KONSTRUKSI DENGAN METODE EARNED VALUE (STUDI KASUS : PROYEK RENOVASI MASJID SYIFA BUDI AL AZHAR CIBUBUR)

Maharani Indah Sari, Leli Honesti, Silta Yulan Nifen

Sari


Metode earned value merupakan suatu metode pengendalian biaya dan waktu yang bertujuan untuk mengetahui estimasi biaya dan waktu selama proyek berlangung, berapa biaya dan waktu yang diperlukan untuk penyelesaian proyek serta mengetahui cara agar proyek tidak mengalami kerugian dan keterlambatan. Data yang dibutuhkan adalah rencana anggaran biaya, kurva s, dan time schedule.

Berdasarkan analisis pengendalian biaya dan waktu terhadap proyek konstruksi dengan metode earned value pada proyek renovasi masjid syifa budi al azhar cibubur dapat disimpulkan estimasi waktu penyelesaian proyek 188 hari dengan biaya Rp. 1.763.437.283, dengan waktu penyelesaian hingga proyek selesai 132 hari dengan biaya Rp.1.254.685.627 yang menandakan bahwasanya proyek menghabiskan anggaran dan waktu melebihi rencana karena biaya yang direncanakan adalah Rp. 1.700.941.679 dengan waktu penyelesaian 180 hari. Untuk mencegah terjadinya kerugian pada minggu selanjutnya dan agar biaya proyek sesuai dengan anggaran yang telah direncanakan dilakukan monitoring biaya dan waktu setiap minggunya dan melakukan perencanaan pembelian material, operasional, dan tenaga kerja harus direncanakan secara maksimal agar tidak ada pembengkakan biaya hingga proyek selesai.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Castollani, A., Puro, S., & Lesmana, M. (2020). Analisis Biaya dan Waktu pada Proyek Apartemen Dengan Metode Earned Value Concept. Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil, 3(01).

Desmi, A. (2016). Studi Pengendalian Waktu dan Biaya pada Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Simpang Raja Bakong-Tanah Pasir dengan Menggunakan Konsep Nilai Hasil. TERAS JURNAL: Jurnal Teknik Sipil, 2(4).

Khairunnisa, N., Widayati, R., & Jamal, M. (2020). Analisis Pengendalian Biaya dan Waktu Terhadap Proyek Konstruksi Dengan Metode Earned Value (Studi Kasus: Proyek Perumahan Penajam Paser Utara). Teknologi Sipil: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 4(1), 9-19.

Nono, Y., Pratasis, P. A., & Malingkas, G. Y. (2019). Analisis Metode Nilai Hasil Terhadap Waktu Dan Biaya Pada Proyek Office and Distribution Center, AIRMADIDI, MINAHASA UTARA-MANADO. Jurnal Sipil Statik, 7(11).

Nurtsani, R. A., Septiadi, D. R., & Suharyanto, S. (2017). Pengendalian Biaya Dan Waktu Proyek Dengan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value). Jurnal Karya Teknik Sipil, 6(4), 460-470.

Sari, H. M., Hendriyani, I., & Widyaningrum, A. E. (2021). Earned Value Analysis pada Proyek Pembangunan Gedung Arsip Kantor BPN: Earned Value Analysis of BPN Office Archives Building Projects. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil TRANSUKMA, 3(2), 154-167.

Susanti, B., Melisah, M., & Juliantina, I. (2019). Penerapan Konsep Earned Value Pada Proyek Konstruksi Jalan Tol (Studi Kasus Ruas Jalan Tol Kayuagung-PalembangBetung). Jurnal Rekayasa Sipil, 15(1), 12-20.

Utamo, Falih Fadhil Akbar & Isfahani, Muhammad Nafhan. (2022) Studi Pengendalian Realisasi Waktu dan Biaya pada Proyek Pembangunan The Legacy Hotel Teragong. Jurnal Teknik Sipil - Arsitektur




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v7i2.5270

Article Metrics

Sari view : 51 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.