KELAYAKAN EKONOMI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN MELALUI SKEMA KERJASAMA PEMERINTAH DAN BADAN USAHA

Kasmir Gon

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk memastikan layak atau tidaknya rencana pembangunan jalan berdasarkan indikator ekonomi NPV, B-C R, dan (EIRR). diikuti dengan analisis kepekaan selama umur rencana konstruksi yang berpotensi mempercepat kerusakan sehingga memperkecil keuntungan. Penelitian ini dilaksanakan pada ruas Jalan Kembur-Metuk berdasarkan kondisi fisik permukaan jalan sebelum dikerjakan dan setelah dikerjakan yang berpengaruh terhadap Biaya Operasional Kendaraan (BOK) baik komponen biaya tidak tetap maupun komponen biaya tetap. Untuk menghitung Biaya Operasional Kendaraan yang merupakan komponen biaya tidak tetap meliputi biaya konsumsi bahan bakar minyak, biaya konsumsi oli, biaya konsumsi suku cadang, upah tenaga pemeliharaan, dan biaya konsumsi ban. Ddiperlukan beberapa data terkait seperti harga kendaraan, ban, bahan bakar minyak, dan upah mekanik mengikuti harga berlaku Tahun 2022 (tahun penelitian), demikian juga bunga pinjaman bank sebesar 13,50% Tahun 2022 dan pertumbuhan lalu lintas sebesar 3,50%. Keuntungan yang diperoleh dari Biaya Operasional Kendaraan diperhitungkan selama sisa umur rencana jalan menggunakan faktor diskonto yang dikonversi menjadi keuntungan saat ini. Dari pengolahan data dan analisis ekonomi diketahui bahwa B-C ratio sebesar 0,924 < 1, menunjukkan proyek tidak layak secara ekonomi, NPV sebesar - Rp. 4.072.545.356,34/km < 0 (bernilai negatif) juga tidak layak secara ekonomi, sedangkan EIRR sebesar 16,008% > 13,50% (suku bunga pinjaman bank)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amelia, E. B. (2023). Faktor-Faktor Kritis Penentu Kesuksesan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sektor Air Minum. Jurnal Litbang, 19(1), 57–72. http://

Ashari, M., Wahyunadi, & Hailuddin. (2016). Analisis Perencanaan Pembangunan Daerah di Kabupaten Lombok Utara (Studi Kasus Perencanaan Partisipatif Tahun 2009-2013). Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 6(2), 163–180.

Astuti W, M. K., Sri, F. H., & Sugiarto. (2017). Studi Kelayakan Investasi Proyek Pembangunan Tower 5 Karawaci Tanggerang Selatan. Matriks Teknik Sipil, 5(3), 981–989.

Blackstaff, M. (1998). Finance for IT Decision Makers : a practical guide to designing usable systems in industry (Vol. 1). Springer.

BPS. (2021). Kabupaten Manggarai Timur Dalam Angka.

BPS. (2022). Kabupaten Manggarai Timur Dalam Angka.

Dzakky, F. (2021). Public Private Partnership: Alternatif Pembangunan Infrastruktur dalam Negri. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 8(2), 573–584. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i2.19967

Gaol, D. K. L., Kusumawati, A., & Damayanti, R. A. (2023). Faktor Keberhasilan dalam Pelaksanaan Proyek KPBU Sektor Jalan di Indonesia. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 244–250.

Irfan, I., Mulia, A. P., & Cynthia, G. (2022). Evaluasi Kelayakan Ekonomi Transportasi Pembangunan Jalan Altrnatif Medan-Berastagi. Jurnal Syntax Admiration, 3(2), 278–296. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i2.385

Irwanugroho, H. (2019). Penjaminan Proyek Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Melalui Badan Usaha Milik Negara Ditinjau Dari Hukum Jaminan. Jurnal Poros Hukum Padjadjaran, 1(1), 32–54. https://doi.org/10.23920/jphp.v1i1.286

Kurniawan, F. (2020). Studi Kasus Kerjasama Pemerintah Badan Usaha Di Jawa Timur. Narotama Jurnal Teknik Sipil, 4(1), 30–41.

Nur, A. S., Sihabudin, A., & Syadzily, A. H. (2019). Kinerja Pengelolaan Jalan Dan Jembatan Dalam Perspektif Pelayanan Publik Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penetaan Ruang Provinsi Banten Tahun 2017. Jurnal If Indonesia Public Administration and Governance Studies (JIPAGS), 3(1), 448–469.

Nurachman, M. (2018). Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dengan Skema Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha. Lexjurnalica, 15(2), 115–126.

Nuryati, S., & Haq, S. (2014). Analisis Biaya Operasi Kendaraan Di Wilayah Tanggerang Dengan Metode Pacific Consultant Internasional. Jurnal Teknik, 3(2), 61–66.

Putri, N. C., & Putri, L. Y. (2020). Analisis pembiayaan non-anggaran pemerintah dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia. Jurnal Infrastruktur, 6(2), 91–103.

Ramadhani, N. P., & Akhmadi, M. H. (2021). Evaluasi Perencanaan Pembiayaan Pembangunan Infratruktur Pendidikan di PKN STAN Melalui Skema Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 21(2), 153–171. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v%vi%i.7393

Rasidin, Abd. R., & Widarto, H. (2022). Studi Kelayakan Pembangunan Jalan Lingkar Tengah Kota Parepare. JURNAL KARAJATA ENGINEERING, 2(1), 19–25. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/karajata

Sanjaya, Y. A., Rosalina, R., & Syarwan. (2017). Evaluasi Tingkat Kerusakan Permukaan Jalan Untuk Menentukan Jenis Penanganan Dengan Sistem Penilaian Menurut Bina Marga (Studi Kasus Jalan Nasional Bireuen–Bts. Kota Lhokseumawe, Kecamatan Krueng Geukueh mulai Sta 253+ 000 s/d Sta 257+ 000). Jurnal Sipil Sains Terapan, 1(1), 1–9.

Setiawan, A., Walujodjati, E., & Farida, I. (2014). Analisis manajemen risiko pada proyek pembangunan Jalan tol Cisumdawu (studi kasus: development of cileumyi-sumedang dawuan toll road phase i). Jurnal Konstruksi, 12(1), 1–11. http://jurnal.sttgarut.ac.id

Wahyudi, R. (2019). Analisis Kelayakan Investasi Jalan Tol Akibat Resiko Keterlambatan Proyek Dan Kesalahan Prediksi Lalu Lintas (Studi Kasus: Jalan Tol Pejagan Pemalang). Jurnal Proyek Teknik Sipil, 2(2), 14–23. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/potensi

Yudhanto, A. W. (2015). Analisis Kelayakan Ekonomi Pembangunan Jalan Tembus Lawang Batu. EXTRAPORASI, 8(2), 235–252.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v7i2.4851

Article Metrics

Sari view : 78 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.