STUDY EVALUASI TEBAL PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN PURWODADI – WIROSARI DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN 2017

Eko Supriyatno, Pratikso Pratikso, Rahmat Mudiyono

Sari


Jalan Purwodadi – Wirosari berdasarkan fungsinya termasuk jalan kolektor primer yang berfungsi menghubungkan antar kabupaten, yaitu Grobogan – Blora. Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan kajian terhadap kondisi eksisting jalan sebagai dasar untuk perbaikan konstruksi, mengevaluasi kapasitas jalan Purwodadi - Wirosari berdasarkan perhitungan data LHR saat ini dan proyeksi sampai 20 tahun ke depan, dan mengkaji jalan Purwodadi - Wirosari berdasarkan data CBR supaya stabil dan mampu menahan beban lalu lintas. Analisa dan pembahasan menggunakan Manual Desain Perkerasan (MDP) tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan yang terjadi di ruas jalan Purwodadi – Wirosari terutama di Km 94+500 s/d 94+650 adalah retak melintang dengan lebar retakan antara 0,5 - 1cm, rekahan ke samping pada sambungan memanjang atau centerline jalan antara 5-10 cm, terdapat segmen yang mengalami penurunan sehingga diperlukan dinding penahan tanah untuk menahan supaya bahu jalan tidak semakin turun, patahan pada bagian dekat dengan sambungan melintang yang disebabkan karena muatan lalu lintas yang berat. Berdasarkan analisa lalu lintas dan perhitungn proyeksi LHR untuk 20 tahun kedepan, nilai derajat kejenuhan pada ruas Purwodadi – Wirosari (DS) adalah 0,73.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Affandi Nur Azizah, Rasiyo Hepiyanto (2018). Studi Evaluasi Tebal Perkerasan Kaku Pada Ruas Jalan Dradah - Kedungpring Menggunakan Metode Bina Marga 2002. Jurnal Universitas Islam Lamongan. 2(2):98-106.

Aris Muhmmad Nauval.A, Gerson Simbolan, Bagus.H.S, Supriyono (2015). Analisis Perbandingan Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Lentur Menggunakan Beberapa Metode Bina Marga Studi Kasus : (Ruas Jalan Piringsurat - Batas Kedu Timur). Jurnal Karya Teknik Sipil Universitas Diponegoro. 4(4): 380-393.

Bachtiar, Vivi dan M. Yusuf (2010). Studi Tentang Penentuan Persyaratan Minimum Untuk Konstruksi Jalan Beton (Rigid Pavement) Di Atas Tanah Lunak Dengan Cara Percobaan Pembebanan Langsung Di Lapangan. Jurnal Teknik Sipil Untan 10(2):193-206

Gayung Andika Dumawa, Miftahul Huda (2018). Perencanaan Pelebaran dan Anggaran Biaya Ruas Jalan Bulu (Batas Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Teknik Sipil Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Hakim Ghaffar.N , Ida Farida (2017). Ketebalan Perkerasan Lentur Dengan Metode AASHTO 1993 Dan Manual Perkerasan Jalan 2017. Jurnal Konstruksi STT Garut.

Iskandar, Gunawan.W, Elianora (2017). Perencanaan Tebal Lapis Tambah (Overlay) Degan Perbandingan METODE PD T-05-2005-B Dan Manual Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2013. Jurnal FTEKNIK UNRI. 4(2):1-9.

Junoto, Babang, Budi Supranyoto, Bambang Pudjianto, Wicaksono I.Y. (2017). Analisis Kerusakan dan Penanganan Ruas Jalan Purwodadi - Geyer. Jurnal Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

L, Nurman (2019). Evaluasi Tebal Perkerasan Kaku Dengan Metode Bina Marga MDP Pd T-14-2013 Studi Kasus Jalan Sungai Jering - Kari. Teluk Kuantan. Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer. Universitas Islam Kuantan Singingi. 2(1):286-295

Manual Design Perkerasan 2017 dan Suplemen 2020

Muliawan I Wayan (2019). Dampak Genangan Air Hujan Terhadap Kondisi Jalan Antasura di Kecamatan Denpasar Timur. Universitas Warmadewa.

Spesifikasi Teknis Bina Marga Tahun 2018 revisi 2

Surat. 2011. Analisis Struktur Perkerasan Jalan di Atas Tanah Ekspansif (Studi Kasus : Ruas Jalan Purwodadi - Blora). Tesis Magister Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Suseno, Dhony Priyo, N. Soedarsono, and N.Anindyawati. 2017. “Analisis Dampak Jalan Tol Terhadap Faktor Sosial,Ekonomi, Dan Lingkungan Di Desa Kaligangsa Kulon Kabupaten Brebes(Studi Kasus Area Pintu Tol BrebesTimur).” Proceeding of SNST Ke-8 Fakultas Teknik Unwahas 1(1):7–11.

Wardani, Mila Kusuma. Perencanaan Jalan Di Atas Lapisan Tanah Sangat Lembek (Gambut, Lempung, Lembek) Dan Metode Perbaikannya. Tugas Akhir.

Wijayanto, M.A. et al. (2021) ‘Analisa Perbandingan Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Metode AASHTO 1993 Dan Tebal Perkerasan Lentur Metode Bina Marga 2017 Pada Ruas Jalan Bandungsari-Salem Kabupaten Brebes Jawa Tengah STA 1+ 750–8+ 500’, Jurnal Teknik Sipil, 14(1), pp.128–138.

Wicaksono Aditya Daniar, Noor Endah Mohtar, Putu Tantri Kumalasari. (2017). Perencanaan Perbaikan Tanah Dasar dan Perkuatan Stabilitas Timbunan Jalan Tol Pasuruan - Grati STA 30+100 s.d STA 31+500. Jurnal Institut Teknologi Sepuluh Nopember. 6(2):E72-E76

Wicaksono Andyas Nur, Ary Setyawan, Slamet Jauhari Legowo (2017). Perencanaan Tebal Lapis Tambah Metode PD T-05-2005-B dan Metode SDP JL Pada Jalan Nasional di Yogyakarta. Teknik Sipil UNS.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v7i2.4694

Article Metrics

Sari view : 22 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.