STUDI PENGARUH KARAKTERISTIK TANAH DASAR TERHADAP KERUSAKAN STRUKTUR PERKERASAN KAKU RUAS JALAN HOS COKROAMINOTO PEMALANG

Adi Setiawan, Antonius Antonius, Abdul Rochim

Sari


Jalan HOS Cokroaminoto dilakukan pembangunan dengan menggunakan struktur rigid pavement pada tahun 2015, seiring berjalannya waktu dan proses pembangunan, saat ini lapis perkerasan jalan telah mengalami penurunan tingkat pelayanan, ditandai dengan adanya kerusakan pada lapis perkerasan jalan di beberapa tempat. Tanah merupakan salah satu penyebab dari kerusakan struktur jalan. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui karakteristik tanah dasar diruas jalan tersebut, guna mengetahui penyebab kerusakan dan cara perbaikannya. Pengujian sifat karakteristik pada ruas jalan HOS Cokroaminoto Pemalang yang mengambil 2 sampel tanah yakni tanah di sekitar perumahan (sampel A) dan tanah disekitar persawahan (sampel B) meliputi pengujian kadar air (w), Berat jenis tanah (GS), Liquid Limit (LL), Plastic Limit (PL), Indeks Plastisitas (IP), Analisa Saringan, CBR, Gaya Geser Tanah (kohesi dan sudut geser tanah, Permeabilitas tanah  dan Konsolidasi. Menurut hasil penyelidikan tanah di laboratorium, tanah dasar di ruas jalan HOS. Cokroaminoto Pemalang termasuk dalam kategori tanah berbutir halus, dan didalam Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, untuk mengurangi pumping hingga kedalaman 150 mm harus distabilisasi semen.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anas Ali Moh, 2000, Modul Kursus Singkat Perkerasan Beton Semen, Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia, Provinsi Riau.

Das, Braja M, 1995, Mekanika Tanah, Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2003, Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen, Jakarta

Dipohusodo, Istimawan, 1996, Management Proyek dan konstruksi, Kanisius, Yogyakarta.

DPU Bina Marga, 1991, Tata cara Pemeliharaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement), Dirjen Bina Marga, Direktorat Pembinaan Jalan Kota, Jakarta

Suseno, Dhony Priyo, N. Soedarsono, and N.Anindyawati. 2017. “Analisis FampakJalan Tol Terhadap Faktor Sosial,Ekonomi, Dan Lingkungan Di DesaKaligangsa Kulon Kabupaten Brebes(Studi Kasus Area Pintu Tol BrebesTimur).” Proceeding of SNST Ke-8Fakultas Teknik Unwahas 1(1):7–11.

F. H. Chen, 1988, Foundation on Expansive soil, Elvesevier Scientific Publishing Company, Amsterdam

Hardiyatmo Hary Christady, 2007, Pemeliharaan Jalan Raya, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Hardiyatmo, Hary Christady, 2002. Mekanika Tanah 1. Gadjah Mada University Press.

Hardiyatmo, Hary Christady, 2002. Mekanika Tanah 2. Gadjah Mada University Press.

Kristiawan, SA., 2011, Kompatibilitas Susut antara Material Perbaikan dan Beton, Jurnal Teknik Sipil

Kurnia Ade, 2014, Rehabilitasi Kerusakan Amblas Badan Jalan Pada Timbunan Tinggi (Ruas Jalan Kalianda – Bakauheni Provinsi Lampung) Tesis Magister Teknik Sipil Konsentrasi Teknik Rehabilitasi dan Pemeliharaan Bangunan Sipil UNS

Manual Desain Perkerasan Jalan No. 02/M/BM/2017, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Bina Marga

Mohamed B.D.Elsawy, 2013, Influence of Aging On Bearing Capacity of Circular Footing Resting on Soft Soil. HBRC Journal, Volume 9, Issue 3, Desember 2013, Pages 256 -262

Pratikso, 2017, Mekanika Tanah I, Unissula Press, Semarang

Sabili Rahman, 2019, Analisis Kerusakan Jalan Perkerasan Kaku Ruas Pemalang - Tegal Ditinjau Dari Segi Pelaksanaan Dan Cara Penanganan, Tesis Magister Teknik Sipil Unissula, Semarang

SNI 1968:1990. Metode Pengujian Tentang Analisis Saringan Agregat Halus dan Kasar.

SNI 1742:2008. Cara Uji Kepadatan Ringan untuk Tanah.

SNI 1744:2012. Cara Uji CBR Laboratorium.

SNI 1967:2008. Cara Uji Penentuan Batas Cair Tanah.

SNI 1966:2008. Cara Uji Penentuan Batas Plastis dan Indeks Plastisitas Tanah.

SNI 3422:2008. Cara Uji Penentuan Batas Susut Tanah.

SNI 2812:2011. Cara Uji Konsolidasi Tanah Satu Dimensi.

Soeharto, Imam, 1997, Managemen Proyek, Erlangga, Jakarta

Suaryana Nyoman, 2008, Analisis Lendutan Timbunan Badan Jalan Pada Tanah Lempung Lunak. Pusat Litbang Jalan dan Jembatan Bandung

Sukirman, Silvia, 1995, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Nova, Bandung

Supardi, 2013, Evaluasi Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Rigid dengan Mengunakan Metode Bina Marga (Studi kasus Ruas Jalan Sei Durian – Rasau Jaya Km 21+700 s.d Km 24+700), Jurnal teknik Sipil UNTAN

Tigo Mindiastiwi, Amrita Winaya Shita Dewi.(2022). Upaya Stabilisasi Lereng Dengan Pendekatan Geotekstil Eco-Slopes.Jurnal Teknik Sipil Unaya. 8(1), 69-76.

Tigo Mindiastiwi, Po-Kai Wu, Agus Bambang Siswanto and Mukhamad Afif Salim. Triaxial Testing on Geogrid-reinforced Granular Soils. GCoMSE 2021. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering. 1200 (2021) 012030.

Undang-Undang Republik Indonesia No 38 Tahun 2004 tentang Jalan

Universitas Islam Sultan Agung, 2020, Pedoman Penyusunan dan penulisan tesis.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v7i2.4684

Article Metrics

Sari view : 17 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.