ANALISIS KINERJA OPERASI DAN PEMELIHARAAN JARINGAN IRIGASI SEKUNDER DI BENDUNG NAMBO KABUPATEN BREBES

Zamroni Zamroni, Faiqun Ni’am, Hermin Poedjiastoeti

Sari


 Daerah Irigasi Kabuyutan di Kabupaten Brebes yang memiliki luas areal fungsional 3729 Ha mengalami beberapa kerusakan. Diperlukan Analisis Kinerja Operasi Dan pemeliharaan Jaringan Sekunder Irigasi Kabuyutan Kabupaten Brebes. Analisis yang dilakukan berupa penilaian dengan berpedoman pada standar yang berlaku. Analisis dilakukan dengan berdasarkan Penilaian Kinerja pengelolaan Irigasi Berdasarkan Pendekatan Permen PUPR No 12/PRT/M/2015, yaitu: Indikator prasarana fisik, indeks pertanaman, sarana Penunjang, organisasi personalia, dan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). Setiap aspek penilaian tersebut memiliki nilai indeks kondisi maksimum yang berbeda tergantung pada besarnya pengaruh aspek tersebut terhadap kondisi sistem irigasi tersier yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi serta nilai pada komnen penilaian yang ada di Daerah Irigasi Kabuyutan. Hasil penilaian kinerja fisik untuk saluran sekunder adalah 55.60% didasarkan pada banyaknya kerusakan linning saluran sekunder. Untuk produktivitas tanam yang ada di D.I kabuyutan adalah 76.33% di lihat dari penurunan produktivitas setiap musim tanam. Pada peralatan O&P dengan nilai 72.13%, penilaian kondisi Transportasi dengan nilai 67%. Hasil penilaian kondisi terhadap peralatan kantor dan alat komunikasi 64.50% dan 65%. Kondisi organisasi personalia 74.20% berturut-turut dinilai dari masih banyaknya petugas yang belum memahami O&P. Sedangkan untuk personalia 63.30 %. penilaian kondisi terhadap perkumpulan petani pemakai air 75.75%. dasar penilian yang dilakukan adalah perkumpulan petani air sudah memilki badan hukum.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Balitbang PU. 2012. Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Partisipastif di Chea. Kementariaan Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Jakarta.

DPUPR, 2016. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor: 12/PRT/M/2015 tentang Eksploitasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi, Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Eddy Widiyarto, Agus. 2017. Evaluasi Kinerja Operasi Dan Pemeliharaan Bendungan Cengklik Dengan Menggunakan Balanced scorecard. Tesis. Program Magister Teknik Sipil Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ghita Farida, Nurdiyanto. 2017. Analisis Kerja Sistem Daerah Irigasi Bendung Nambo Kabupaten Brebes. Jurnal Konstruksi, Vol. VI , No. 2, Januari 2017 115-228.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi 6). Cetakan ke VI. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gibson, J. L. Dkk. 2003. Organisasi dan Manajemen. Jakarta; Penerbit Erlangga

Giti Sumantri. 2017. Evaluasi Kinerja Operasi Dan Pemeliharaan (O & P) Sistem Irigasi Di Daerah Irigasi Bandar Ubo Kabupaten Solok. Jurnal Fakultas Teknologi Pertanian.Universitas Andalas.Padang.

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Kartasapoetra A.G, 1991, Teknologi Pengairan Pertanian Irigasi. Jakarta: Bumi. Aksara. Martius, Endry, Osmet. 2007. Optimalisasi Pemanfaatan Air Irigasi Batanghari. Kerjasama

PSI-SDALP dan Proyek Irigasi Batanghari.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v7i2.4666

Article Metrics

Sari view : 26 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.