ANALISIS DRAINASE PADA LAHAN YANG MENGALAMI PERUBAHAN FUNGSI (STUDI KASUS DI KAWASAN KAMPUS POLITEKNIK PU)

Nicko Fadhil Muhammad, Budiono Joko Nugroho

Sari


Kota Semarang adalah Ibu Kota Provinsi jawa Tengah, dimana di dalamnya terdapat berbagai macam bangunan vital penggerak pemerintahan, pendidikan dan perekonomian. Seiring bertambahnya tahun maka bertambah juga jumlah penduduk, dalam kurun waktu 5 tahun yaitu pada tahun 2018 sampai dengan 2023 terjadi penambahan penduduk sebesar 20.403 jiwa (Dispendukcapil Kota Semarang, 2023).  Penambahan penduduk tersebut berpengaruh terhadap pembangunan, salah satunya adalah pembangunan Kampus POLITEKNIK PU. Kampus tersebut menggunakan lahan yang awal mulanya adalah lahan yang tertutup semak belukar dibangun menjadi kawasan kampus.  Sehingga tata guna lahan awal yang harusnya dapat menyerap air hujan  menjadi berkurang karena tertutup oleh bangunan dan jalan yang dibangun di lahan tersebut. Penelitian ini adalah untuk menganalisis bangunan air yang dapat menampung limpasan akibat perubahan tata guna lahan dari semak belukar menjadi kawasan kampus. Beberapa analisis diperlukan dalam penelitian ini adalah menganalisis debit banjir rencana dengan tata guna lahan eksiting, menganalisis debit banjir rencana dengan tata guna lahan setelah terbangun kampus POLITEKNIK PU dan menganalisis bangunan air penampung limpasan yang kapasitasnya adalah hasil selisih limpasan tata guna lahan baru dikurangi limpasan tata guna lahan eksisting. Berdasar hasil analisis dari 3 bangunan air yaitu kolam retensi, long storage dan u-ditch dengan 3 profil (50x60 cm, 60x70 cm dan 80x100 cm) diperoleh kapsitas maksimal sebesar 7926,70 m3. Kapaitas tersebut dapat menampung debit banjir dari curah hujan rencana yang terjadi degan durasi 2,18 jam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Indriatmoko, R.H., (2010) Penerapan Prinsip Kebijakan Zero Delta Q Dalam Pembangunan Wilayah. JAI (6) 1.

Limantara, L.M. (2015). Rekayasa Hidrologi. Yogyakarta: Andi.

Muhammad, N.F. (2022) Analisis Pemanenan Air Hujan (Studi Kasus di Kampus UNTAG Semarang). Journal of Civil Engineering and Technology Sciences. (1) 1. 36-42.

Muhammad, N.F., Darsono, S., Suharyanto, Supriyanto, A. (2021) Analisis Reduksi Debit Banjir di Dalam DAS Pucang Gading. Rang Teknik Journal. (4) 2. 220-228.

Muhammad, N.F., Hapsari R.N.A., Suseno, D.P. (2023) Analisis Perbandingan Kalibrasi Curah Hujan Jam-jaman Menggunakan Stasiun Hujan Hulu dan Hilir. Rang Teknik Journal. (6) 1. 1-10.

Suharyanto, Nugroho B.J., Sangkawati S.S. (2021) Analysis Of Water Performance At Graha Jangli Indah Semarang. Rang Teknik Journal. (4)1. 1-10.

Triatmodjo, B, (2009). Hidrologi Terapan. Yogyakarta. Andi.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v7i1.4406

Article Metrics

Sari view : 49 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.