ANALISIS DATA N-SPT DI RUAS JALAN TOL SEMARANG – DEMAK SEKSI II (STA. 10+690 s/d 27+000)

Agung Hari Wibowo, Hartopo Hartopo, Totok Apriyanto

Sari


Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi paling populer di Indonesia. Tingginya mobilitas antara kota inti dengan kota pendukung menuntut performa jalan yang memadai. Salah satu hubungan kota inti dengan kota sekitar adalah Kawasan Kedungsepur (Kendal, Demak, Ungaran, Semarang, dan Purwodadi). Kawasan Kedungsepur yang membentuk Kawasan Metropolitan ini berada di garis pantai utara Jawa. Pantura yang merupakan jalur utama Pulau Jawa dikenal telah memiliki beban tinggi sehingga mengalami penurunan performa sehingga diperlukan opsi lain bagi masyarakat pengguna. Jalan Tol Semarang – Demak dibangun untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Jalan Tol Semarang – Demak berada di wilayah Pantai Utara jawa yang memiliki jenis tanah berupa aluvium. Material utama yang ada di area ini berupa lempung dan lanau yang memiliki daya dukung cukup rendah. Hal ini menyebabkan Jalan Tol Semarang – Demak dibangun dengan konstruksi Slab on Pile. Tentunya selain dikarenakan pengaruh Banjir Rob dan fenomena land subsidence. Perencanaan struktur dilakukan dengan data awal berupa data Uji Penetrasi Standar (SPT). Melalui nilai N dari SPT, dapat diketahui konsistensi tanah pada kedalaman tertentu. Hasil olah data menunjukkan bahwa di Zona 1 kedalaman tanah lunak mencapai 16 m dan tanah keras baru dijumpai pada kedalaman > 44 m. Di Zona 2 kedalaman tanah lunak mencapai 10 m, sedangkan tanah dengan konsistensi keras baru ditemukan pada kedalaman 40 m. Selain itu peningkatan N-SPT sangat dipengaruhi oleh penambahan kedalaman uji. Pada Zona 1 diketahui hubungan korelasi antara N-SPT dengan kedalaman uji adalah y = 0,5861x – 2,4437 dengan tingkat pengaruh mencapai 90,05%. Di Zona 2 hubungan korelasi antara N-SPT dengan kedalaman uji dinyatakan dalam persamaan y = 0.6452x - 1.6571 dengan tingkat pengaruh sebesar 81,61%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2017 Tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Kendal, Demak, Ungaran, Salatiga, Semarang dan Purwodadi.

M. Sjahdanulirwan, Efisiensi dan Inovasi Konstruksi Perkerasan Jalan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum, 2010.

Direktorat Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik, Statistik Transportasi Darat 2021. Jakarta: BPS RI, 2021.

R. Rahmah and H. Widyastuti, “Analisis Kelayakan Jalan Tol Semarang - Demak dari Aspek Ekonomi dan Finansial,” J. Tek. ITS, vol. 9, no. 2, pp. E259–E265, 2021, doi: 10.12962/j23373539.v9i2.57431.

E. Gardjito and M. Abduh, “Studi Awal Timbunan Pre-loading dan Struktur Slab On Pile pada Tanah Lunak: Jalan Tol Semarang–Demak Seksi II Sta. 10+ 690 s/d 27+ 000,” in Seminar Keinsinyuran Program Profesi Insinyur Universitas Muhammadiyah Malang, 2021, vol. 2.

H. C. Hardiyatmo, Mekanika Tanah II, 3rd ed. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2003.

R. S. Warman, Kumpulan Korelasi Parameter Geoteknik Dan Pondasi. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum, 2019.

“SNI 4153:2008 Cara Uji Penetrasi Lapangan dengan SPT.” Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

K. Terzaghi and R. B. Peck, Theoretical Soil Mechanics. London: John Wiley and Sons, Inc, 1967. doi: 10.1680/geot.1963.13.4.267.

T. Suwarti and R. Wikarno, “Peta Geologi Lembar Kudus, Jawa.” Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung, 1992.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, “Alluvium,” MAGMA Indonesia. https://magma.esdm.go.id/v1/edukasi/glossary/alluvium (accessed Jan. 12, 2023).

Panduan Geoteknik 1 Proses Pembentukan dan Sifat-sifat Dasar Tanah Lunak, 1st ed. Bandung: Pusat Litbang Prasarana Transportasi, 2001.

H. C. Hardiyatmo, Analisis dan Perancangan Fondasi II, 3rd ed. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2015.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i2.4208

Article Metrics

Sari view : 212 times
PDF - 152 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.