EVALUASI STRUKTUR BANGUNAN SEKOLAH PASCA GEMPA DI MTS MUHAMMADIYAH KAJAI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Rexsa Rehan, Elfania Bastian, Deddy Kurniawan

Sari


Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang dapat merusak bangunan termasuk bangunan sekolah. Bangunan sekolah yang masih berdiri perlu melakukan investigasi terhadap bangunan pasca gempa. Penelitian ini dilakukan di sekolah MTs Muhammadiyah Kajai, Kabupaten Pasaman Barat. Dengan melakukan evaluasi tingkat kerusakan pada struktur bangunan sekolah pasca gempa untuk mempelajari kondisi struktur bangunan pasca gempa melalui tingkat kerusakan pada bangunan sekolah MTs Muhammadiyah Kajai. Metode yang digunakan adalah evaluasi tingkat kerusakan bangunan yaitu dengan memakai buku panduan “Tata Cara Identifikasi dan Verivikasi Kerusakan dan Cara Mengisi Form Kerusakan untuk Sekolah dan Madrasah” oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga sesuai dengan prosedur yang ada dalam buku tersebut yang dibatasi sampai sturktur bangunan bagian atas (kolom, balok, dan pelat). Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dengan memakai dokumentasi, dan data sekunder dengan memakai denah sekolah. Hasil evaluasi dari kondisi bangunan sekolah pasca gempa menunjukkan bahwa massa bangunan I memiliki kerusakan struktur terbesar dari massa bangunan II dengan diperoleh hasil kerusakan struktur pada massa bangunan I sebesar 40%, dan massa bangunan II sebesar 19%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. (2021). Buku Panduan Tata Cara Identifikasi dan Verifikasi Kerusakan Cara Mengisi Form Kerusakan Untuk Sekolah dan Madrasah. Wonosobo.

Hamdi, H., dan Sudarmadji, S. (2014). Studi Kasus Padang Pariaman, Sumatera Barat. Penilaian Kondisi Bangunan Sekolah Pasca Gempa. Pilar, 10(1).

Kurniawan, Deddy, dan Zuheldi. (2022). Laporan Teknis Hasil Pemeriksaan Visual Isasi Lapangan/Quick Assement MTs Muhammadiyah Kajai Kabupaten Pasaman Barat. Bukittinggi: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Pratiwi, R. (2015). Penilaian Kondisi Bangunan Gedung Pasca Gempa. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil TRANSUKMA, 1(01), 32-47.

Tim Gunem 01. (2022). 25 Februari. 15 Fakta Gempa Pasaman Barat Magnitudo 6,1 yang Menyebabkan Kerusakan. https://www.gunem.id/nasional/pr-1492748375/15-fakta-gempa-pasaman-barat-magnitudo-61-yang-memicu-kerusakan (diakses 25 Februari 2022).




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i2.4205

Article Metrics

Sari view : 172 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.