ANALISIS USER EXPERIENCE PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) KANWIL DEPARTEMEN AGAMA PROVINSI SUMATERA SELATAN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana pengembangan SIMPEG dengan cara melakukan evaluasi dari segi tingkat penerimaan dengan tujuan SIMPEG dapat meningkatkan kepuasan pengguna, menyederhanakan proses, kemudahaan dan kecepatan dalam mendapatkan pelayanan sehingga kinerja pegawai Kanwil Departemen Agama Provinsi Sumatera Selatan dapat tepat waktu dan benar. Sumber data berupa data primer diperoleh dari kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 97 orang pegawai dan guru Kanwil Departemen Agama Provinsi Sumatera Selatan yang menggunakan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Berdasarkan analisis data, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh Value (nilai) dan Desirability (keinginan) secara parsial terhadap kepuasan pengguna Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) pada Kanwil Departemen Agama Provinsi Sumatera Selatan. Tidak ada pengaruh Adoptabilty (kemampuan beradaptasi) dan Usability (kegunaan) secara parsial terhadap kepuasan pengguna Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) pada Kanwil Departemen Agama Provinsi Sumatera Selatan. Terdapat pengaruh Value (nilai), Desirability (keinginan), Adoptabilty (kemampuan beradaptasi) dan Usability (kegunaan) secara simultan terhadap kepuasan pengguna Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) pada Kanwil Departemen Agama Provinsi Sumatera Selatan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al Fatta, 2017. Analisis & Perancangan Sistem Informasi, Yogyakarta: Yogyakarta: Andi Offset.
Febrianto, W. A., Putra, W. H. N., & Perdanakusuma, A. R. 2019. Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Paperless menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)(Studi Kasus: Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X..
Jogiyanto, 2018. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: ANDI.
Jonathan, Sarwono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Koeswoyo, F. 2015. End User Computing Satisfaction (EUCS). Bandung: Alfabeta.
Komarudin , 2011. Strategi Manajemen Bisnis Perbankan, Bandung: Kapa-Sigma.
Krisianto, Andy. 2014. Internet Untuk Pemula. Jakarta: Gramedia.
Kuswandi. 2014. Cara Mengukur Kepuasan Karyawan, Jakarta: Elex Media.
Leni, Agustina. 2014. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Offset.
Maharani, A., Intan, B., & Susilo, A. T. 2021. Analisis User Experience Pada Website Smk Negeri Tugumulyo Berbasis User Experience Questionaire (Ueq. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 6(2), 169-177.
Seprina, I. 2022. Analisa Kepuasan Pengguna Akhir Sistem E-Learning Sebagai Pendukung Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Metode Eucs Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Raden Fatah Palembang. In Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS). Vol. 4, No. 3, pp. 602-610
Tjiptono, F. 2017. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset.
Wijaya, I. N. S. W., Santika, P. P., Iswara, I. B. A. I., & Arsana, I. N. A. 2021. Analisis dan Evaluasi Pengalaman Pengguna PaTik Bali dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 8(2), 217-226.
Wulandari, I. R., & Farida, L. D. 2018. Pengukuran user experience pada e-learning di lingkungan universitas menggunakan User Experience Questionnare (UEQ). jurnal mantik penusa, 2(2).
Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., Aditama, P. W., & Tahalea, S. P. 2021. Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Natural Science and Engineering, 5(1), 25-29.
Sugiyono. 2018, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV. Alfabeta
Sutabri, 2010. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v7i1.4204
Article Metrics
Sari view : 96 timesPDF - 64 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Kunjungan Dari Negara
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.