ANALISA PERBAIKAN RESPON SISTIM DARI PEMODELAN KECEPATAN MOTOR BLDC MENGUNAKAN METODE TUNING PID COHEN-COON

Muhammad Fiqri, Sitti Amalia

Sari


Seiring perkembangan zaman kemajuan akan teknologi berperan sangan peting salah satunya yaitu motor BLDC dikarenakan memiliki efesiensi yang tinggi, umur operasi yang  panjang dan biaya perawatan nya yang rendah. Hal ini mengakibatkan motor BLDC membutuhkan sistem pengendalian yang lebih kompleks. Pada penelitian ini dilakukan pemodelan sistem kendali motor BLDC dengan pengendali P, PI dan PID menggunakan metoda Cohen-Coon pada Simulink/MATLAB. Pencarian nilai parameter Kp,Ti dan Td dilakukan secara manual dan simulasi menggunakan Matlab. Kecepatan motor BLDC diatur beberapa fariasi kecepatan  yaitu dari 500, 750, 1000, 1250 dan 1500 rpm pada pengontrolan P dengan memasukkan kecepatan 1500 rpm diperoleh kecepatan steady state sebesar 1500 rpm, delay time sebesar 0,03 s, rise time sebesar 0,007 s, time sebesar 0,02 s, setling time sebesar 0,39 s, dan overshoot sbesar 87,763%, pada pengontrolan PI dengan memasukkan kecepatan 1500 rpm diperoleh kecepatan steady state sebesar 1500 rpm; delay time sebesar 0,03 s, rise time sebesar 0,008 s, peak time sebesar 0,02 s, setling time sebesar 0,52 s, dan overshoot sebesar 87,736%, pada pengontrolan PID  dengan memasukkan kecepatan 1500 rpm diperoleh kecepatan steady state sebesar 1500 rpm; delay time sebesar 0,02 s, rise time sebesar 0,07 s, peak time sebesar 0,02 s, setling time sebesar 0,95 s, dan overshoot sbesar 57,937 %. Untuk perbaikan hasil sinyal pengontrolan PID digunakan lah nilai KP= 11,9 ,Ti= 0.09, Td= 0,1 dapat memperbaiki sinyal transien dan nilai overshot nya dari 57,935% menjadi 1,531% , rise time dari nilai 0,076 s menjadi 0,014 s Berdasarkan hasil simulasi BLDC dengan metode Cohen – Coon dapat memberikan respon delay time yang cepat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, S. (2019) ‘Implementasi 2 Lilitan Phasa Terhubung Terhadap Tegangan Pada Motor Brushless Direct Current ( BLDC ) Rotor Luar Dengan Analisis Anova’, 8(2), pp. 99–108.

As-salaf, M.H.A. (2021) ‘Simulasi Pengaturan Kecepatan Motor BLDC menggunakan Software PSIM’, 6(1), pp. 103–117.

Suryatini, F. and Firasanti, A. (no date) ‘KENDALI P , PI , DAN PID ANALOG PADA PENGATURAN KECEPATAN MOTOR DC DENGAN PENALAAN ZIEGLER-NICHOLS’, 6(1), pp. 65–80.

Wahab, F. (2020) ‘Perancangan Pengontrol Adaptive Fuzzy PID pada Brushless DC Motor’, pp. 21–27.

Wicaksono, H. (2004) ‘Analisa Performansi dan Robustness Beberapa Metode Tuning Kontroler PID pada Motor DC’, 4(2), pp. 70–78.

Alim, A.F. (2020) , SISTEM KENDALI KECEPATAN MOTOR BRUSHLESS DC (BLDC) DENGAN PENGENDALI PI .




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i2.4169

Article Metrics

Sari view : 116 times
PDF - 105 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.