EFFECTS OF WEB-BASED ACADEMIC INFORMATION SYSTEM ON STUDENT SATISFACTION

Reni Wijaya, Dorris Yadewani, Khairil Hamdi

Sari


Tujuan penelitian yang dilakukan di kampus AMIK Jayanusa adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Usability, Information Quality, Interaction Quality baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan mahasiswa di AMIK Jayanusa Padang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian ini adalah 57 siswa AMIK jayanusa Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Usability Quality, Information Quality, Interaction Quality berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan mahasiswa di AMIK Jayanusa dalam memanfaatkan sistem informasi akademik berbasis web. Secara parsial kualitas Usability memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan mahasiswa Jayanusa dalam memanfaatkan sistem informasi berbasis web.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adelheid, A. (2015). Website No. 1 (Cara Mudah Bikin Website dan Promosi ke SEO). MediaKom.

Barnes, S. J., & Vidgen, R. T. (2000). An Integrative Approach To The Assessment Of E- Commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research, 3, 114–127. www.jecr.org/sites/default/files/03_3_p02_0.pdf

Dian Permata Sari, I. (2016). Evaluasi Kualitas Website Payment Online Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode WEBQUAL 4.0 ( Studi KAsus Di PT. X ). Unikom, 0, 1–8. elib.unikom.ac.id/download.php?id=370082

Helmiawan, M., Akbar, Y., & Sofian, Y. Y. (2019). Evaluasi dan Uji Kualitas Website dengan Metode Webqual (Studi Kasus: STMIK Sumedang). Journal of Information Technology, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.47292/joint.v1i1.5

Johanes, S. (2002). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pendidikan yang di dukung Sistim Informasi. Jurnal STIKOM, 72.

Kiky Rizky, N. W. (2017). Analisa Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Pada Universitas Bina Darma. UMJ, November 2017, 1–11. jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek

Kusumo, Y. P. dan D. S. (2015). Pengukuran Kualitas Website CDC Universitas Telkom Menggunakan Metode WebQual 4.0. EProceedings Eng.

Putri, Y. R. (2013). THE EFFECT OF WEB-BASED ACADEMIC INFORMATION SYSTEM TO ACADEMIC SERVICE QUALITY AT COMMUNICATION DEPARTMENT OF TELKOM INSTITUTE OF MANAGEMENT. Sosioteknologi, 12(April 2013), 346–352. http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/1111

Saunders Mark N, K. (2019). Research Methods for Business Students. In Synthese (8th ed., pp. 1–867). Pearson. www.pearson.com/uk

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV.Alfabeta.

Suprapto J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta.

Wibowo, N. Q. N. dan S. (2015). Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0,. J. Inform. Upgris, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i1.3937

Article Metrics

Sari view : 146 times
PDF - 107 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.