ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DI DESA SIMPANG SARI KECAMATAN LAWANG WETAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Ike Mutiara, Henggar Risa Destania, Ratih Baniva

Sari


Abstrak: Air bersih merupakan kebutuhan esensial manusia secara berkelanjutan. Penggunaan air bersih sangat penting untuk kebutuhan rumah tangga, tempat umum, dan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa perhitungan total kebutuhan air bersih di Desa Simpang Sari dan mengetahui bagaimana kemungkinan kecukupan air bersih yang tersedia di Desa Simpang Sari. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu kebutuhan air bersih dari hasil perhitungan proyeksi jumlah penambahan pelanggan tahun 2025 di Desa Simpang Sari Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin maka total kebutuhan air bersih sebesar 4,766 Liter/detik. PDAM Tirta Randik sebagai PDAM yang melayani Desa Simpang Sari Kecamatan Lawang Wetan dan untuk memenuhi kebutuhan air tahun 2025 kapasitas reservoir sebesar 98.827 m3. Kapasitas reservoir masih mencukupi hingga tahun 2025.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, M., 2019, Analisis Kebutuhan dan Ketersediaan Air Bersih, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Anonim, 2002, Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, PERPAMSI & ITB Bandung.

Aprika, L., 2019, Analisa Kebutuhan Air Bersih Di Rumah Sakit Umum Daerah Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Direktorat Jendral Cipta Karya, 2015, Jakarta.

Harjono, 2013, Analisa Penyediaan dan Kebutuhan Air Bersih Ds. Bayemgede Kec. Kepohbaru, Fakultas Teknik Universitas Bojonegoro.

Kepmenkes No. 1405/MENKES/SK/XI/2020 halaman 4 tentang persyaratan kesehatan lingkungan kerja perkantoran dan industri, Departemen Kesehatan Republik Indonesia: Jakarta.

Kurniawan, A., Fitriani, H., dan Hadinata, F., 2021, Analisis Kebutuhan Penyediaan Air bersih di Kota Palembang, J Saintis, Volume 21:2

Linsley, R., dan Franzini, J., 1991, Teknik SumberDaya Air, Jakarta: Erlangga.

Marwa L, 2017, Analisis Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Di Kecamatan Simokerto Dan Kecamatan Semapir Kota Surabaya, Departemen Teknik Lingkungan Fakultas Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Maulida D., 2019, Analisa Kebutuhan dan Ketersediaan Air Bersih di Wilayah Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur, Universitas Mataram

Nofrizal, dan Saputra, R. 2020. Analisa Kebutuhan dan Ketersediaan Air Bersih di Wilayah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman, Jurnal Rangteknik, Volume 4:2




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i2.3853

Article Metrics

Sari view : 203 times
PDF - 172 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.