PERENCANAAN LIFTING HOOK PILE CAP PRACETAK DERMAGA PELABUHAN BENOA BALI

Rahma Nindya Ayu Hapsari, Budiono Joko Nugroho

Sari


Dalam pembangunan infrastuktur, pilecap merupakan struktur yang digunakan untuk mentransfer beban dari kolom menuju pondasi. Bahan yang digunakan untuk struktur pile cap adalah beton bertulang pracetak. Pada struktur beton pracetak diperlukan tulangan lifting hook untuk dikaitkan pada hooke crane. Pada tulangan lifting hook menerima tahanan nominal tarik leleh, yang mana tahanan nominal yang diterima harus lebih kecil daripada tahanan ultimate. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis SNI 03-1729-2002, dan analisis permodelan dengan software ANSYS. Untuk permodelan lifting hook, material yang digunakan adalah structural steel dengan diameter D13. Sedangkan untuk permodelan beban yang digunakan adalah beban dari berat sendiri beton precast. Beban dibagi dengan titik tulangan lifting yang akan dipasang. Menghasilkan tahanan nominal lebih besar dari pada tahanan ultimate (ɸTn>Tu ). Dengan tahanan nominal besi D13 4871,382 kg dan tahanan ultimate P1 =3144,05 kg, 571,435 kg, dan P3&P4 = 362,6 kg. Sehingga dapat dinyatakan bahwa tulangan hook yang digunakan mampu menahan tahanan nominal gaya tarik leleh terhadap tahanan ultimate.
Keywords: Pilecap, Lifting Hook, Beban

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bhavikati. 2005. “Element of Civil Engineering. Gattesco & Giuliani. (2001). Experimental Study on Stud Shear Connector Subjected to Cyclic Loading”. Journal of Contructional Steel Research, University of Trieste, Italy.

Dill, 2011. “The Finite Element Method for Mechanics Solid with ANSYS Applications”. CRC Press.

Setiawan, Agus. 2008. “Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD”. Erlangga : Jakarta.

SNI. 2002. “Tata Cara Perencanaan Struktur Baja Untuk Bangunan (SNI 03-1729:2002)”, Badan Standarisasi Nasional, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

SNI. 2012. “Tata cara perencanaan struktur baja untuk bangunan (SNI 7833:2012)”, Standar Nasional Indonesia Gempa dan Konstruksi Pracetak Untuk Bangunan Gedung, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Triatmodjo, Bambang, 2009. Perencanaan Pelabuhan

Carl A. Thoresen. Port Design

Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung SNI 03-2847-2019

Standard Design Criteria for Ports in Indonesia, 1984

Technical Standards for Port and Harbour Facilities in Japan, 2009

Halim. Darwin, 2020. Modelisasi Numerik Analisis Gaya Lateral Pada Pile Cap Di Tanah Kohesif. Program Studi Sarjana Teknik Sipil, Universitas Tarumanagara. Jakarta. Indonesia.

Sugianto. Denis. Optimasi Perencanaan Dermaga Sistem Pracetak Dengan Berbagai Modul Dimensi Pelat Lantai (Studi Kasus Lantai Dermaga PT. Petrokimia Gresik). Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Indonesia.

Agathakarien. Yusdhistira, 2018. Perencanaan Struktur Dermaga Curah Kering 40.000 dan 20.000 DWT Kabupaten lamongan Dengan Metode Pracetak. Departemen Teknik Infrastruktur Sipil. Fakultas Vokasi. Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Indonesia.

Sinaga. Jonathan, 2020. Teknik Pelaksanaan Pekerjaan Pile cap Pada Pondasi Gedung Rumah Sakit Grand Mitra Medika di Jalan S. Parman Medan. IJCEE Vol.6 No 1 Juli 2020 Hal 27-33

Tipe Pasang Surut Di Pelabuhan Benoa Bali Dengan Metode Admiralty Berdasarkan Data Automatic Weather Station (AWS). Jurnal Wodya Climago, Vol.2 No.2, November 2020.

Nindya Ayu Hapsari, Rahma. 2022. “Pola Deformasi Shear Connector Berdasarkan Pengaruh Variasi Panjang Dengan Permodelan Menggunakan Perangkat Lunak ANSYS 15.0”, Jurnal Teknik Sipil Unaya 8 (1), 108-117, Universitas Abulyatama, Aceh, Indonesia.

Nindya Ayu Hapsari, Rahma. 2019. “Pengaruh Panjang Dan Diameter Stud Terhadap Keruntuhan Geser Struktur Komposit Baja-Beton Dengan Metode Elemen Hingga”, Jurnal Teknik Sipil, (vol 11) Universitas 17 Agustus 1945 Seamrang, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i2.3680

Article Metrics

Sari view : 151 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.