PERANCANGAN UIUX ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH DAN LINGKUNGAN

Riska Sintia Dewi, Rahmat Fauzi, Nopendri Nopendri

Sari


Banjir yang terjadi di sekitar daerah di Indonesia yang rentan terhadap banjir, salah satunya yaitu Kabupaten Bandung. Kondisi yang dipengaruhi oleh keberadaan Sungai Citarum dan pengaruh pengelolaan pembangunan di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS). Maka itu dari kondisi tersebut dibutuhkan suatu tindakan penyelamatan bumi seperti penghijauan. Pada hasil survey dan wawancara ke masyarakat sekitar Baleendah Permai, penumpukan sampah terjadi karena faktor terbesar dari banjir yang terjadi. Karena kebiasaan masyarakat yang membuang sampah ke sungai, saat musim hujan tiba sungai tidak bisa mengalir dengan baik. Dari permasalahan yang ada, kurangnya tempat pengelolaan sampah, proses, tidak mengetahui informasi program, tempat pengelolaan sampah dan tidak adanya rasa peduli dari masayarakat. Maka itu perlu dibuatkan aplikasi WHY-ME berbasis Android untuk menangani suatu masalah. Pada aplikasi Android yang akan digunakan juga, dibutuhkan sebuah UI dan UX. Dalam perancangannya ada metode yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahannya, yaitu dengan menggunakan metode Desain Thinking. Pengujian yang dilakukan dengan usability testing dengan maze design dengan hasil masyarakat 82,21% dan pengelola 85,1% dapat menyelesaikan misinya dengan baik. Untuk pengujian system usability scale (SUS) hasilnya masyarakat 81, pengelola 81 dan startup 83 untuk hasil pengukuran kegunaan yang sudah dilakukan. Kata Kunci: Sampah, Android, User Interface, User Experience, Design Thinking

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdalloh, M. (2021, Juni Jumat). Penanganan Sampah di Kabupaten Bandung Timpang! (Ayo Bandung) Retrieved 2022, from https://www.ayobandung.com/soreang/pr-79726885/penanganan-sampah-di-kabupaten-bandung-timpang

Ahdiat, A. (2019). Tiap Tahun Indonesia dilanda Bencana Banjir. Jurnal Nasional.

Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2022, Juli). What is Design Thinking and Why Is It So Popular? Interaction Design Foundation, pp. https://www.interaction-design.org/literature/article/what-is-design-thinking-and-why-is-it-so-popular.

Hussein, A. S. (2018). Metode Design Thingking untuk Inovasi Bisnis. Malang: Tim UB Press.

Riduan, A. (2021). Penanganan dan Pengelolaan Sampah. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Saragih, R. I., Pangaribuan, R. R., & dkk. (2020). Perancangan Desain UI & UX Pada Aplikasi Jasa Pengangkutan Sampah Trash Care. Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi.

Sari, I. P., Kartina, A. H., & dkk. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking Dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class. Jurnal Pendidikan Multimedia.

Sonya, C., & dkk. (2018). Implementasi Ecopreneurship Untuk Keberlanjutan Lingkungan. Jurnal Nasional.

Utami, D. R. (2021). Mengenal Sampah Organik dan Non-Organik. Jurnal Nasional.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i2.3636

Article Metrics

Sari view : 171 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.