ANALISIS PEMILIHAN ALTERNATIF PENANGANAN KERUSAKAN JALAN

Reno Ferizqo Andika Putra, Rachmat Mudiyono, Henny Pratiwi Adi

Sari


Jalan sebagai sistem transportasi mempunyai peranan penting dalam mendukung bidang ekonomi, sosial dan budaya. Pada ruas jalan weleri-patean beberapa sudah mengalami kerusakan yang signifikan, sebagian ruas jalan belum mencapai masa umur rencana tetapi sudah mengalami kerusakan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi apa saja jenis kerusakan jalan, kriteria dalam penanganan kerusakan jalan, dan alternatif untuk penanganan kerusakan jalan di ruas jalan Weleri-Patean. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan pengisian kuisioner langsung responden. Penelitian ini mempunyai variabel yaitu kriteria (Jenis Kerusakan Jalan, Biaya Pelaksanaan, Waktu Pelaksanaan, Umur Rencana, Lalu Lintas Harian) dan alternatif (Perkerasan beton / kaku (rigid pavement), Metode Perkerasan Aspal / lentur (flexibel pavement), dan Metode Daur Ulang (Recycling). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan software Expert Choice 11. Hasil pada penelitian ini untuk prioritas kriteria didapat jenis kerusakan jalan dengan bobot (0,268), biaya pelaksanaan dengan bobot (0,097), waktu pelaksanaan dengan bobot (0,051), umur rencana dengan bobot (0,420), dan lalu lintas harian dengan bobot (0,163). Kemudian untuk prioritas alternatif didapat pada peringkat pertama adalah perkerasan kaku (0,562), kedua yaitu perkerasan lentur (0,329), dan ketiga yaitu metode daur ulang (0,109).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alamsyah, Alik Ansyori, 2003, Rekayasa Jalan Raya, UMM Press, Malang

Anas Ali Moh, 2007,Teknik Dasar dan Potensi Daur Ulang Konstruksi Jalan, Yayasan Pengembang Teknologi dan Manajemen, Jakarta.

Burhamnudin, Ahmad., Ahmad Munawar., dan Akmaluddin, 2016, Perbandingan Kelayakan Jalan Beton Dan Jalan Aspal Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) - Studi Kasus Jalan Malwatar - Labuan Bajo, Flores NTT, Spektrum Sipil, ISSN 1858-4896, Vol. 3, No. 2 : 196 - 207.

Direktorat Bina Teknik Dirjen Bina Marga, 1997, Kesalahan Umum pada Pelaksanaan Jalan dan Jembatan, Bahan Diseminasi Bidang Bina Marga, Direktorat Bina Teknik Dirjen Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta

DPU Bina Marga, 1992, Pedoman Pelaksanaan Pemeliharaan Rutin Jalan dan Jembatan, Dirjen Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

DPU Bina Marga, 1998, Transportasi Perhubungan Darat, Dirjen Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

DPU Bina Marga, 2008, Buku Spesifikasi Teknis, Dinas Bina Marga Propinsi Jawa Tengah, Semarang.

Julianty, Nabila, 2019, Kinerja Perbaikan Jalan dan Relevansinya Dengan Kualitas Jalan Lintas Raba – Sape Kabupaten Bima, Tesis Magister Teknik Sipil Unissula, Semarang.

Masyhur, 2007, Analisis factor yang mempengaruhi prioritas penanganan jalan di Kabupaten Sumbawa Barat, Tesis Magister Teknik Sipil Unissula, Semarang.

Munthe, Raymond Benardus., Bagus Hario Setiadji., dan Suseno Darsono, 2015, Menentukan Prioritas Penanganan Ruas Jalan Nasional di Pulau Bangka, Jurnal Media Komunikasi Teknik Sipil, VOLUME 21, NO. 1.

Peraturan Pemerintah No26 Tahun 1985 tentang Prasarana Jalan

Saaty, T.L. 2001. Decision Making For Leaders. Forth edition, University of Pittsburgh, RWS Publication.

Saaty, T.L.1988. Multicriteria Decision Making : The Analytic Hierarchy Process. University of Pittsburgh, RWS Publication, Pittsburgh

Saleh, Sofyan M., Ibnu Abbas Majid., dan Firdasari, 2013, Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Penentuan Prioritas Penanganan Pemeliharaan Jalan Di Kota Banda Aceh, Jurnal Transportasi Vol. 13 No. 2 Agustus 2013: 75-84.

Setyabudi Gunawan, 2009, Analisis faktor penyebab kerusakan jalan di prov jateng Studi kasus jalan ketanggungan , Tesis Magister Teknik Sipil Unissula, Semarang

Sigit, Soehardi, 2001, Pengantar Metodologi Penelitian Sosial-Bisnis Manajemen, BPFE UST, Yogyakarta.

Soesetyo, B. Gawan, 2005, Faktor-faktor Penyebab Kerusakan Jalan dari Sudut Pandang Pihak-pihak yang Terlibat Dalam Penanganan Jalan Nasional, Tesis Magister Teknik Sipil Unissula, Semarang.

Sukirman, Silvia, 1995, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Nova, Bandung

Supardi, 2005, Studi mengenai kinerja pemeliharaan jalan, Tesis Magister Teknik Sipil Unissula, Semarang.

Sutoyo Edy, 1995, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kerusakan Jalan Lingkar Ngabul – Mulyoharjo di Kabupaten Jepara, Tesis Magister Teknik Sipil Unissula, Semarang.

Sushera, Vanessa., M.Arif Rohman., dan Anak Agung Gde Kartika, 2018, Analisis Prioritas Pemeliharaan Jalan Kabupaten Karanganyar Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), JURNAL TRANSPORTASI Vol. 1, No. 2. 2622-6847.

Syarifuddin, 2006, Faktor – faktor penyebab kerusakan jalan ditinjau dari segi pemeliharaan, Tesis Magister Teknik Sipil Unissula, Semarang

Theresia MCA. and Winaya, Amrita (2018). PengaruhPemanfaatanLimbahSlagBajaDanKerikilMaduraSebagaiPenggantiBatuPecahUntukPerkerasanAspalBeton.Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) 2018, 1 (1). A05-1.

Undang-Undang Republik Indonesia No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi

Undang-Undang Republik Indonesia No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Undang-Undang Republik Indonesia No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah daerah

Undang-Undang Republik Indonesia No 38 Tahun 2004 tentang Jalan




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i1.3515

Article Metrics

Sari view : 289 times
PDF - 223 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.