STUDI EVALUASI PERENCANAAN JALAN RUAS JALAN KR.SANTRI – GUNUNGPRING MUNTILAN KAB. MAGELANG

Agus Pujiharto, Antonius Antonius, M Faiqun Ni’am

Sari


Latar belakang kajian evaluasi perencanaan jalan Kr.Santri – Gunungpring karena di ruas jalan tersebut terdapat makam Wali yang sampai saat ini masih banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai kota di jawa bahkan ada yang dari luar jawa. Dengan kondisi jalan saat ini yang terdapat beberapa lokasi jalan mengalami retak dan penurunan pada badan jalan, bagian jalan retak tersebut perlu dilakukan kajian teknis sebagai dasar perbaikan jalan yang mengalami retak dan penurunan tersebut. Metodologi kajian studi evalusi perencanaan jalan Kr.Santri – Gunungpring adalah, pertama tama melakukan studi kondisi kualitas lapis perkerasan jalan lama dengan dilakukan pengamatan secara langsung pada kondisi eksisting permukaan aspal jalan lama. Setelah itu dilakukan pengamatan LHR pada ruas jalan tersebut dengan berdasarkan kepada ,perhitungan forecast LHR kedepan dalam waktu 1 hingga 10 tahun yang terakhir dilakukan test DCP pada tepi jalan Kr.Santri-Gunungpring. Dengan demikian bisa diketahui kondisi lapis pondasi dan lapis perkerasan jalan tsb dan dapat diketahui juga hasil CBR berdasarkan test DCP nya. Hasil dari pengamatan pada kondisi dan kualitas lapis perkerasan permukaan jalan Kr.Santri-Gunungpring diketahuai pada sisi kiri jalan terjadi retakan dan penurunan pada lokasi ts. Nilai Cbr rata-rata dari hasil test DCP setiap 200 meter adalah 5,46%. Sehingga perlu dilakukan perbaikan dengan melakukan pembongkaran pada kondisi aspal yang retak tsb selanjutnta dilakukan galian pada pondasi jalan yang lama lalu diganti dengan material Agregat kelas A, diatasnya dilakukan pengaspalan dengan AC BASE tebal 7 cm,setelah itu dilakukan Overlay dua lapias AC BC 6 cm dan AC WC 4 cm dari hasil test CBR dilapangan maka untuk tebal Agregat kelas A 30 cm. Pada hasil evaluasi berdasar pada perhitungan LHR dalam waktu 1tahun sampai dengan 10 tahun kedepan dihasilkan perhitungan kapasitas ruas jalan Kr. Santri-Gunungpring dengan 6 meter sehingga tidak perlu dilakukan pelebaran jalan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, S., Jalalul., Burhanudin, dan Jufriadi, 2015, “Hubungan Nilai CBR dan Sand Cone Lapisan Pondasi Bawah Pada Perkerasan Lentur Jalan”. Teras Jurnal. 5(1), 21-31.

Aris, M. N. A., Setiadji, B. H., dan Supriyono. 2015. “Analisis Perbandingan Perancangan Jalan Lentur Menggunakan Beberapa Metode Bina Marga”. Jurnal Karya Teknik Sipil. 4(4), 380-393

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Februari 1997”. Jakarta: Direktorat Pembinaan Jalan Kota.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2002. “Pedoman Konstruksi dan Bangunan Pt T-01-2002-B”. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2013. “Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP)No 02/M/BM/2013”. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum.

Sukirman,S. 1999. “Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan”. Bandung: Nova




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i1.3473

Article Metrics

Sari view : 97 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.