ANALISIS DAMPAK BANJIR ROB TERHADAP KERUSAKAN BANGUNAN DI KELURAHAN BANDENGAN KECAMATAN KABUPATEN KENDAL

Sunarna Sunarna, Henny Pratiwi Adi, Moh. Faiqun Ni’am

Sari


Kabupaten Kendal merupakan daerah dataran rendah yang berada di pesisir pantai utara Laut Jawa yang sering dilanda bencana banjir rob. Fenomena banjir rob dapat menimbulkan kerugian, pada penelitian menyebutkan bahwa ada beberapa kerugian yang dialami warga masyarakat yang terkena banjir genangan akibat air laut pasang, baik yang berupa kerusakan prasarana/sarana lingkungan, bangunan/perabot rumah maupun ketidaknyamanan. Metode penelitian pada jurnal ini menggunakan metode quantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari observasi langsung ke lapangan, wawancara dan menggunakan kuisioner dengan responden yang diambil sebanyak 150responden dari seluruh populasi Kelurahan Bandengan 1.280 kepala keluarga. penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat kerusakan pada komponen bangunan, yaitu struktur bangunan, arsitektur dan utilitas. kerusakan komponen bangunan rumah tinggal akibat banjir rob dari hasil Analisa penelitian di dapat kerusakan struktur 28,22% (Sedang) sedangkan kerusakan komponen arsitektur sebesar 47,18 % (Sedang), dan kerusakan komponen utilitas bangunan rumah tinggal 51,37 % (Berat). Prosentase kehilangan fungsi komponen bangunan rumah tinggal yang didapat dari hasil analisa penelitian di Kelurahan Bandengan Kabupaten Kendal adalah sebesar 16,37% (Ringan) untuk aspek struktur, sedangkan untuk aspek arsitektur sebesar 2,36% (Ringan), serta dari aspek utilitas nilai kehilangan fungsinya sebesar 17,98% (Ringan).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Blangg,C.Djemabut. 1986 . “Perumahan Dan Permukiman Sebagai Kebutuhan Dasar”. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia

Marfai, M.A. and King, L. 2008. “ Tidal Inundation Mapping Under Ehanced land Subsidance In Semarang, Central Java”. Natural Hazard. 44 :93-109

Matondang, Jhonson Paruntungan, dkk, 2013. “Analisis Zonasi Daerah Rentan Banjir Dengan Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis”. Jurnal Geodesi Undip, Semarang.

Wuryanti Wahyu, 2002. “Identifikasi Kerugian Bangunan Rumah Di Pantai Akibat Kenaikan Muka Air Laut”. Proseding Puslitbangkim Bandung.

M Afif Salim, Agus B Siswanto, 2021. “Kajian Penanganan Dampak Banjir Kabupaten Pekalongan”. Rang Teknik Journal.4(2),295-303.

M Afif Salim, Agus B Siswanto, 2018. “Penanganan Banjir dan Rob Di Wilayah Pekalongan”. Jurnal Teknik Sipil,11(1).

M Afif Salim, Agus B Siswanto, Tigo Mindiastiwi, 2018. “Study of Flood Impact Handling in Pekalongan District”.IOP Conference Series Earth and Environmental Science 955(1):012014.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i1.3443

Article Metrics

Sari view : 705 times
PDF - 554 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.