KAJIAN PENANGANAN LONGSORAN TEBING SUNGAI PEDES DI KABUPATEN BREBES

Imam Shuyuti Abdul Karim, Sri Prabandiyani Retno Wardani, Pranoto Samto Atmojo

Sari


Longsoran tebing Sungai Pedes di Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes telah mengancam keamanan jalur rel kereta api Tegal-Purwokerto sehingga diperlukan penanganan, yaitu berupa perkuatan tebing dan konstruksi pengaman sungai. Pemasangan Pile atau Soil Nailing telah meningkatkan angka keamanan lereng dari 0.85 menjadi 1.203 dan 1.178. Selain perkuatan tebing untuk memperkuat lereng dari gerusan lokal maka diusulkan penggunaan laydam bronjong atau rip rap dengan kedalaman minimal 2.103 m.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Direktorat Bina Teknik, Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, 2002. Buku Petunjuk Teknis Perencanaan Dan Penanganan Longsoran. Jakarta

Duncan, J.M., Wright, S.G. and Brandon, T.L.(2014), Soil Strength and Slope Stability, John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey

Soewarno, 1987. Hidrologi, Nova, Bandung

Soemarto, CD, 1987. Hidrologi Teknik, Usaha Nasional, Surabaya

Hydrologic Engineer Center River Analysis System, Hydraulic Refference Manual Version 6.1. 2021, US Army Corp Of Engineer, Institute For Water Resources, Hydrologic Engineering Center 609 Second Street Davis, CA 95616

Wesley, Laurence D, 2012. Mekanika Tanah Untuk Tanah Endapan Dan Residu, Andi Yogjakarta, Yogjakarta

Look, Burt, 2007. Handbook Of Geotechnical Investigation And Design Tables, Taylor & Francis/Balkema, London

Peck, R.B., Hanson, W.E., and Thornburn, T.H., (1974), Foundation Engineering”. John Wiley & Sons.

Badan Standarisasi Nasional, 2019. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk struktur Bangunan Gedung Dan Non Gedung (SNI 1726)

Pusat Studi Gempa Nasional, 2017. Peta Sumber Dan Bahaya Gempa Nasional 2017, Pusat Litbang Perumahan Dan Pemukiman, Balitbang KEMEN PUPR, Bandung

Nippon Steel Corporation, 1987. Steel Sheet Piling Design Manual. Japan

Prasant, Amit and Mousumi Mukherjee (2010), Soil Nail For Stabilization Of Steep Near Railway Tracks. Departement Of Civil Engineering, Indian Institute of Technology Kanpur




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i1.3316

Article Metrics

Sari view : 127 times
PDF - 226 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.