EVALUASI NERACA AIR DI. KEDUNGWARU GUNA MENINGKATKAN INTENSITAS TANAM

Suis Ogeswartomal, Sri Sangkawati, Pranoto Pranoto

Sari


Pada Masa Tanam I (MT-I) Daerah Irigasi Kedungwaru mengalami kekurangan kebutuhan air untuk pengolahan lahan. Pengolahan lahan pada kondisi eksistingpun dilakukan dengan kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi neraca air dan membuat alternatif jadwal tanam sehingga intensitas tanam bertambah. Hasil analisa kondisi eksisting menunjukan bahwa  ketersedian air  mengalami defisit atau kekurangan air, sehingga intensitas tanam sebesar 179,02% dari 300% yang direncanakan dan luas tanam seluas 777,77 ha dari 1.303,35 ha luas DI.Kedungwaru. Sehingga direncanakan perubahan alternatif berupa jadwal awal musim tanam. Neraca air alternatif 1, 3, dan 4 dalam pengolahan lahan MT-I tidak mampu untuk melayani kebutuhan air yang dibutuhkan. Sedangkan untuk alternatif 2, 5, dan 6 keandalan pada masa pengolahan lahan sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan air. Dari keseluruhan alternatif untuk MT-I dan MT-II didapatkan intensitas tanam mencapai 100%. Pada masa MT-III luas tanam mengalami perubahan dimana ketersedian air yang defisit. Pembuatan alternatif jadwal tanam dengan hanya menggeser awal tanam seperti ini masih kurang efektif. Alangkah baiknya jika disertai dengan analisis optimasi untuk memperoleh intensitas tanam dan keuntungan yang optimum bagi para petani.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Balai PSDA Serang Lusi Juana (2017). “Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Sistem Irigasi Balai PSDA Seluna”

Balai PSDA Serang Lusi Juana (2018). “Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Sistem Irigasi Balai PSDA Seluna”

Departemen Pekerjaan Umum (2015), “StandarPerencanaan Perencanaan Jaringan Irigasi KP01-KP09”, Direktorat Jenderal Pengairan.

Dewi Ayu Sofia, Hari Wibowo, Noneng Nursila (2019).” Analisis Neraca Air dan Pergeseran Jadwal Tanam di Daerah Irigasi Cimandiri”, JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), Vol.4, No. 2, Hal.193-202.

F. Djufry (2012), “Pemodelan Neraca Air Tanah untuk Pendugaan Surplus dan Defisit Air untuk Pertumbuhan Tanaman Pangan di Kabupaten Merauke, Papua”, Informatika Pertanian, vol. 21, pp.1-9.

Mas Mera, Hendra (2016). ” Menentukan Awal Musim Tanam dan Optimasi Pemakaian Air dan Lahan Daerah Irigasi Batang Lampasi Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumpuh”, Jurnal Rekayasa Teknik Sipil, Vol.12, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v6i1.3237

Article Metrics

Sari view : 169 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.