KAJIAN ASPEK STRUKTUR PADA SLF GEDUNG TRANSMART MAJAPAHIT SEMARANG

Budiono Joko Nugroho, Rahma Nindya Ayu Hapsari

Sari


Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung atau SLF adalah sertifikat yang diberikan oleh Pemerintah Daerah terhadap bangunan gedung yang telah selesai dibangun dan telah memenuhi persyaratan kelaikan fungsi berdasarkan hasil pemeriksaan oleh Pengkaji Teknis dan hasil penelitian dokumen oleh Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG), sebagai syarat untuk dapat dimanfaatkan. Dengan memiliki SLF, hal tersebut akan menjamin keandalan dari sebuah bangunan gedung. Salah satu aspek pemeriksaan keandalan gedung berdasarkan kesesuaian Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) yang telah diberikan adalah keselamatan bidang struktur.

Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan data kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan random sampling dengan metode cluster bangunan Gedung yang disyaratkan SLF yaitu cluster Bangunan Gedung Negara, Bangunan Perdagangan, Bangunan Kesehatan, dan Bangunan Perindustrian.

Metode pemeriksaan fisik Bangunan Gedung dilakukan secara: pemeriksaan visual (dituangkan ke dalam daftar simak), pengujian nondestruktif dan/atau pengujian destruktif. Hasil dari pemeriksaan tersebut adalah pernyataan bahwa Bangunan Gedung laik Fungsi.

Hasil pengamatan visual dapat disimpulkan bahwa bangunan tidak mengalami kerusakan yang berarti, sehingga kategori andal atau laik fungsi, yang mana tidak terjadinya kerusakan/kekurangan pada komponen-komponen struktur. Berdasarkan hasil pengujian hammer test di lapangan didapatkan data kualitas beton pada balok dan kolom cukup baik. Dan dari hasil analisis struktur dengan menggunakan program SAP2000 maka didapat hasil bahwa perhitungan beban aksial dan beban geser pada tiap type kolom struktur pada kondisi pembebanan eksisting masih dalam kondisi batas aman terhadap beban aksial dan geser. Sedangkan pada balok struktur dinyatakan  masih dalam batas aman terhadap lentur dan geser.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v5i2.3179

Article Metrics

Sari view : 128 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.