TINGGINYA ANGKA KECELAKANAAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALUR 3 DI KOTA BANGKO

Nadra Arsyad, Jihan Melasari, Dicki Aditya

Sari


Masalah kecelakaan lalu lintas pada jalur tiga dikota Bangko selama kurun waktu 2017-2020. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas pada jalur tiga dikota Bangko dan Menentukan black Spot. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif retrospektif data sekunder dari laporan kecelakaan lalu lintas pada jalur tiga dikota Bangko dan data primer didapat langsung kelapangan. Empat faktor yaitu, faktor manusia sebanyak 134 kasus, faktor sarana sebanyak 66 kasus, faktor prasarana sebanyak 18 kasus dan faktor cuaca sebanyak 10 kasus, terdapat beberapa keselahan yang menjadi salah satu faktor tingginya angka kecelakaan. Rambu-rambu lalu lintas yang tidak ada, peletakan bukaan median jalan yang tidak tepat. Analisis EAN dengan nilai BKA dan UCL dimana dari 5 segmen terdapat 3 segmen/Black Site yang merupakan daerah rawan, yaitu KM 0 + 700 - KM 1 + 400 = 1248, KM 2 + 100 - KM 2 + 800 = 723 dan KM 2 + 800 - KM 3 + 500 = 588, terdapat Black Site yang memiliki nilai paling tinggi diantara lainnya, yaitu  Black Spotnya terletak pada segmen km 0 + 700 – km 1 + 400 = 1248. Hasil analisa  bahwa tingkat kecelakkan (Rate Of Accident) tertinggi terjadi pada tahun 2020.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anton Gazali Thoib. Nico Bakista Satriawan. Bambang Riyanto. Kami Hari Basuki. (2014). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Metode Angka Kecelakaan Berbasis Panjang perjalanan Kendaraan Total (Studi Kasus: Jalan Siliwangi-Walisongo, Semarang Km Smg 7+200-Km Smg 8+100). Jurnal Karya Teknik Sipil. Vol 3. No. 3.

Casado-Sanz, N., Guirao, B., & Attard, M. (2020). Analysis of the risk factors affecting the severity of traffic accidents on spanish crosstown roads: The driver’s perspective. Sustainability (Switzerland), 12(6). https://doi.org/10.3390/su12062237

Departemen Perhubungan Republik Indonesia. (2006). Jenis kecelakaan lalu. Jakarta.

Hidayati, A. Y. H. L. (2016). Analisis Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Berdasar Pengetahuan, Penggunaan Jalur, Dan Kecepatan Berkendara. Berkala Epidemiologi, vol.4, No.(July 2016), 275–276. https://doi.org/10.20473/jbe.v4i2.2016.275

Intari, D. E., Kuncoro, H. B. B., & Pangestika, R. (2019). ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DAN BIAYA KECELAKAN MATERIL PADA RUAS JALAN NASIONAL ( Study Kasus: Jl. Raya serang Km 23 Balaraja – Jl. Raya Serang Km 35 Jayanti Kabupaten Tangerang ). Jurnal Fondasi, 8(1), 52–60. https://doi.org/10.36055/jft.v8i1.5401

Jusuf, A., Nurprasetio, I. P., & Prihutama, A. (2017). Macro data analysis of traffic accidents in Indonesia. Journal of Engineering and Technological Sciences, 49(1), 133–144. https://doi.org/10.5614/j.eng.technol.sci.2017.49.1.8

Kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat Nomor 43. (2016). Rambu, Marka dan Delineasi. Diklat Jalan Berkeselamatan. Jakarta.

Muthusamy, A. P., Rajendran, M., Ramesh, K., & Sivaprakash, P. (2015). A review on road traffic accident and related factors. International Journal of Applied Engineering Research, 10(11), 28177–28183.

Undang-undang Republik Indonesia, U. R. (2009). lalu lintas dan angkutan jalan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 43. (1993). prasarana jalan raya dan lalu lintas.

Rofifah, D. (2020). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3, 12–26.

Sigit Puji Santosa, Andi Isra Maahyuddin and Febrianto Guntur Sunoto. (2017). Anatomi Of Injury Severity and Fatality In Indonesian Traffic Accidents. J. Eng. Technol. Sci. Vol 4. No. 3. 412-422.

Utomo, N. (2012). Analisa Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Segmen Jalan By-Pass Krian-Balongbendo (Km. 26+000-Km. 44+520). Jurnal Teknik Sipil KERN, 2(2), 73–84. Retrieved from http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/kern/article/download/1370/1135

Pratiwi, Y. Y., & Siahaan, F. C. (2017). Accident Among Children in Indonesia Urban Areas. Accident Among Children in Indonesia Urban Areas, 3(2), 79–92.

Zanuardi, A., & Suprayitno, H. (2018). Analisa Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Ahmad Yani Surabaya melalui Pendekatan Knowledge Discovery in Database. Jurnal Manejemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.12962/j26151847.v2i1.3767




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v5i1.2941

Article Metrics

Sari view : 228 times
PDF - 257 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.