ANALISA DEBIT RANCANGAN DAN KAPASITAS TAMPANG DRAINASE SERTA MENGEVALUASI SISTEM SALURAN DRAINASE DI JALAN KH WAHID HASYIM SEMPAJA KOTA SAMARINDA

Fitriyati Agustina, Nur Ikhsan Junaedi, Ilham Wijaya

Sari


Permasalahan drainase di daerah Sempaja Utara Kota samarinda saat ini menghadapi problema yang cukup serius. Kondisi drainase yang ada banyak menghadapi berbagai masalah. Sebagai indikator dari permasalahan drainase antara lain adalah berupa banjir/ genangan baik yang bersifat lokal (setempat) atau yang bersifat lebih luas. Hal tersebut yang menimbulkan permasalahan di lingkungan permukiman, sarana prasarana transportasi dan prasarana publik yang lain sehingga dapat menyebabkan teragnggunya kegiatan ekonomi. Evaluasi kinerja sistem drainase dilakukan dengan membandingkan debit yang masuk dan kapasitas tampang saluran. Dalam analisis ini debit rencana diperoleh dengan menggunakan analisis hidrologi debit banjir kala ulang 10 tahunan untuk saluran sub makro sedang untuk saluran drainase mikro menggunakan debit banjir kala ulang 5 tahunan. Analisis hidrolika kapasitas tampang saluran dengan menggunakan persamaan Manning. Debit banjir rancangan ini menggunakan kala ulang 2, 5, 10, 20 dan 50 tahun dengan menggunakan metode distribusi gumbel hasil perhitungan untuk kapasitas awal saluran = 4,891 m3 /detik dan untuk debit banjir rancangan pada kala ulang 2 tahun 13,553 m3/detik, kala ulang 5 tahun 17,500 m3/detik, kala ulang 10 tahun 20,112 m3/detik, kala ulang 20 tahun 22,619 m3/detik, dan untuk kala ulang 50 tahun 25,863 m3/detik. Dari analisa diatas dapat kita simpulkan bahwa saluran drainase pada kawasan Jalan K.H Wahid Hasyim memerlukan perencanaan ulang kapasitas saluran, karena kapasitas saluran yang ada jika dibandingkan dengan debit banjir rancangan maka hasilnya minus atau kondisi sudah tidak aman dalam menampung debit banjir rencana kala ulang 2 tahun hingga seterusnya.

 

 

Kata Kunci : evaluasi, drainase, debit rencana, kapasitas saluran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bambang, T. 1995. Hidraulika II. Yogyakarta: Beta Offset

Bambang, T. 2009. Hidrologi Terapan. Yogyakarta: Beta Offset

Chow, V.T. 1973. Hidrolika Saluran Terbuka. Terjemahan oleh Nensi Rosalina. 1992. Jakarta: Erlangga

C.D Soemarto, 1987. Hidraulika Teknik. Usaha Nasional, Surabaya

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Pengairan Republik Indonesia. 1986. Pedoman Penanggulangan Banjir. Jakarta.

Desrin S Buta , “ Evaluasi sistem drainase di Kelurahan bugis kota timur gorontalo” Gorontalo.

Dony Azhari, Cahyono Ikhsan, Sobriyah, 2017. Kajian Debit Rancangan Banjirdan Kapasitas Penampang Sungai Baki. e-Jurnal MATRIKS TEKNIK SIPIL

Harto, Sri. 2000. Hidrologi-Teori, Masalah dan Pembahasan. Yogyakarta: Nafiri

Hadidhy, Habibi El. 2010. Analisis Pengaruh Bendung terhadap Tanggul Banjir Sungai Ular. Tugas Akhir. Universitas Sumatera Utara.

Hadisusanto, Nugroho. 2011. Aplikasi Hidrologi. Penerbit Jogja Media Utama. Malang.

Hidrodinamika HEC-RAS – Jenjang Lanjut : Junction And Inline Structure.

Hydrologic Engineering Center, 2010. HEC-RAS River Analysis System, Hydraulic Reference Manual, Version 4.1, January 2010, U.S. Army Cormps of Engineers, Davis CA.

Imam Subarkah, 1980. Hidrologi Untuk Perencanaan Bangunan Air. Idea Dharma, Bandung

Istiarto. 2011. Simulasi Aliran 1-Dimensi Dengan Bantuan Paket Program Hidrodinamika HEC-RAS Jenjang Dasar : Simple Geometry River. Modul Pelatihan. Yogyakarta

Kamiana, I Made. 2011. Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air. Penerbit Garaha Ilmu. Yogyakarta.

Kodoatie, Robert J dan Sjarief, Rustam. 2006. Pengelolaan Banjir Terpadu. Yogyakarta: Penerbit Andi

Kurniawan, Harris Widya dan Wijaya, V. Kris Andi. 2008. Evaluasi Kapasitas Penampang Sungai Wulan dengan Program HEC-RAS 4.0 pada Kondisi Unsteady, Tugas Akhir. Fakultas Teknik Sipil Universitas Katolik Soegijapranata (UNIKA), Semarang.

Rahmawaty Ntau, 2012 “Evaluasi Dimensi Saluran Drainase Kota Gorontalo”, Skripsi, Gorontalo.

Satria Wardanu, Hanif. 2016. Penelusuran Banjir dengan Metode Numerik Daerah Aliran Sungai Ngunggahan Wonogiri. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Suripin, 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan, Andi Offset Yogyakarta

Sosrodarsono, S dan Takeda, K (2003). Hidrologi untuk Pengairan. Pradnya Paramita. Jakarta.

Syahputra, Ichsan. 2015. Kajian Hidrologi dan Analisa Kapasitas Tampang Sungai Kreung Langsa Berbasis HEC-HMS dan HEC-RAS, Thesis. Fakultas Teknik Sipil Universitas Abulyatama, Aceh Besar.

Triatmojo, Bambang. 2008. Hidrologi Terapan. Penerbit Beta Offset. Yogyakarta.

Waskito, Tri Nugroho. 2012. Evaluasi Pengendalian Banjir Sungai Cibeet, Thesis. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB, Bandung.

Wibisono, Chandra. 2015. Analisa Arus Balik Air pada Saluran Drainase Primer Ngestiharjo dan Karangwuni Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v5i1.2815

Article Metrics

Sari view : 701 times
PDF - 436 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.