SOIL INVESTIGATION BERDASARKAN UJI SONDIR DI KECAMATAN HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Hanifah Asnur, Ramacos Fardela

Sari


Telah dilakukan penelitian tentang Uji Sondir di Kabupaten Lima Puluh Kota tepatnya di Kecamatan Harau Pada Tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan daya dukung tanah serta jenis pondasi yang cocok di titik lokasi penelitian sehingga terhindar dari kegagalan struktur (bangunan roboh/runtuh). Metode penyelidikan tanah dilakukan dengan cara pengujian langsung di lapangan menggunakan alat sondir. Data sekunder didapat dari beberapa kajian literatur. Data primer didapat dari hasil sondir di dua titik lokasi yang telah ditentukan. Analisis data menggunakan dua parameter pada setiap kedalaman yaitu Nilai Perlawanan Konus (NK) dalam satuan kg/cm2, Jumlah Hambatan Pelekat (JHP) dalam satuan kg/cm. Kedua parameter diatas dicatat untuk setiap interval 20 cm sampai kedalaman dimana didapatkan nilai  NK ≥ 155 kg / cm2, dengan batasan kedalaman maksimum 10  m dari muka tanah setempat. Hasil penelitian sondir diukur dari elevasi ± 0.00 (muka tanah setempat) pada titik 1 NK ³ 155 kg/cm2 didapat pada posisi kedalaman – 10.00 m dengan nilai TFR 410 kg/cm. Sedangkan pada titik 2 didapat pada posisi kedalaman – 6.00 m dengan nilai TFR 248 kg/cm. Berdasarkan perhitungan daya dukung tanah maka jenis pondasi yang cocok untuk perencanaan pembangunan proyek tersebut adalah pondasi dalam (bore pile).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, F. 2012. Pemetaan Kapasitas Dukung Tanah Berdasarkan Data Sondir di Kota Gorontalo. Laporan Penelitian Dana PNBP UNG, Gorontalo.

Bahri, S., Razali, M. R., & Elsandy, K. A. (2016). Pemetaan Daya Dukung Tanah Untuk Pondasi Dangkal Di Wilayah Pesisir Pantai Kota Bengkulu. Inersia, Jurnal Teknik Sipil, 8(1), 49-58.

Dananjaya, R. H., Djarwanti, N., & Putri, R. A. D. P. (2017). Perhitungan Kapasitas Dukung Fondasi Tiang Tunggal Menggunakan Metode Clustering Data Sondir. Matriks Teknik Sipil, 5(1).

Fahriani, F., & Apriyanti, Y. (2020). Daya Dukung dan Penurunan Pondasi pada Pesisir Pantai Timur Kabupaten Bangka. BENTANG: Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, 8(1),38-47.

Hakam, Abdul. 2008. Rekayasa Pondasi Untuk Mahasiswa dan Praktisi. CV Bintang Grafika.

Hardiyatmo, H.C. 2010. Analisis dan Perancangan Pondasi Bagian I. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Prayogo, K., & Saptowati, H. (2017). Penyelidikan Struktur dan Karakteristik Tanah untuk Desain Pondasi Iradiator Gamma Kapasitas 2 MCi. Jurnal Perangkat Nuklir, 10(1).

Sotra Fanda, F. (2019). Analisis Persepsi Masyarakat Tentang Perpindahan Ibukota Kabupaten Lima Puluh Kota Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v5i1.2735

Article Metrics

Sari view : 854 times
PDF - 564 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.