ANALISIS TPM MESIN PEMOTONG TEKSTIL OTOMATIS CNC-CUTTER KURIS DENGAN METODE OEE DI PT. YIFAN JAYA

Iwan Nugraha Gusniar, Alfian Sidik

Sari


Mesin CNC-Cutter C 3030 menjadi salah satu mesin pemotong otomatis tekstil yang cukup diandalkan dalam meningkatkan efisiensi waktu produksi. Mesin ini berfungsi sebagai mesin pemotong otomatis kain atau tekstil dengan menggunakan program sehingga desain yang sudah dibentuk bisa langsung input ke mesin dan mesin akan memotong kain sesuai desain. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui nilai efektivitas produksi pada mesin CNC-Cutter C 3030, nilai efektivitas meliputi availability, performance rate dan quality rate, meode penelitian yang dilakukan dengan metode total productive maintenance, setelah dilakukan penelitian didapatkan Nilai availability sebesar 86,26% pada setiap minggu, Nilai performance rate, quality Rate mesin menunjukan hasil sebesar 96,8%, dan hasil perhitungan Overall Equipment Effectiveness adalah 80,83%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rommy, F, P., Hendrik, H., Erry, R. (2020). Total Productive Maintenance pada Perawatan Mesin Grinding Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE).

Joel, B, P, A., Evin, D, M., Alfian, H, S. (2017). Penerapan Total Productive Maintenance dengan menggunakan metode OEE pada turbin uap Type C5 DS II-GVS.

Mohamad Nafis, w. w. (n.d.). analisis perhitungan nilai overall equipment effectiveness (OEE) pada mesin wrapping di perusahaan biskuit dan wafer PT. UNIMOS. 1-15.

Achmad Said, J. S. (2008). Analisis Total Productive Maintenance Pada Lini Produksi Mesin Perkakas Guna Memperbaiki Kinerja Perusahaan. IST AKPRIND Yogyakarta.

Springer. (2003). Handbook of reliability engineering. New Jersey USA : Sunrise Setting Ltd, Torquay, Devon, UK

Nakajima, S. (1988). Introduction to Total Productive Maintenance. Productivity Press Inc, Portland.

Ljunberg, O. (1998). Measurement of overall equipment effectiveness as a basis for TPM activities.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v5i1.2733

Article Metrics

Sari view : 471 times
PDF - 330 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.