ALTERNATIF PERENCANAAN JEMBATAN RANGKA BAJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LRFD DI JEMBATAN GELATIK KOTA SAMARINDA

Santi Yatnikasari, Muhammad Noor Asnan, Ulwiyah Wahdah Mufassirin Liana

Sari


Jembatan merupakan elemen penting dalam sistem transportasi. Jembatan adalah suatu konstruksi yang menghubungkan dua jalan yang terputus karena adanya jurang, lembah, sungai bahkan menghubungkan antar pulau yang terpisah cukup jauh. Jembatan rangka baja banyak dibangun untuk kepentingan lalu lintas jalan raya. Secara umum jembatan rangka baja lebih menguntungkan daripada jembatan lainnya, karena batang-batang utama rangka baja memikul gaya aksial tekan atau gaya aksial tarik, konstruksi jembatan jauh lebih ringan, bentang jembatan jauh lebih panjang, pelaksanaan dilapangan jauh lebih mudah. Struktur bangunan jembatan rangka baja terdiri atas beberapa bagian batang utama pembentuk rangka yaitu batang gelagar induk, batang gelagar melintang dan memanjang, batang-batang ikatan angin atas dan bawah, ikatan pengaku dan sistem lantai kendaraan yang membentuk suatu konstruksi yang kaku sehingga membentuk jalur lalu lintas yang aman dan nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah merencanakan ulang jembatan Gelatik menggunakan struktur jembatan rangka baja dengan metode Load And Resistance Factor Design (LRFD), dan mengacu pada peraturan Standar Nasional Indonesia (SNI). Profil baja yang digunakan pada perencanaan jembatan ini adalah profil baja WF untuk gelagar memanjang, gelagar melintang, gelagar induk, dan profil L untuk ikatan angin atas dan ikatan angin bawah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andi Sayamsudin, Eko Darma, Aminudin Azis. Perencanaan Struktur Bangunan Atas Jembatan Rangka Baja A-60 M di Kabupaten Supiori Provinsi Papua, Jurnal Bentang Vol.3 No.2, Juli 2015.

Anonim. 2016, Pembebanan Untuk Jembatan SNI T-1725-2016 Bandung : Badan Standarisasi Nasional.

Anonim. 2015, Tata Cara Perencanaan Baja Untuk Gedung SNI T-1729-2015 Bandung : Badan Standarisasi Nasional.

Anonim. 2008, Spesifikasi Bantalan Elastomer Tipe Polos dan Tipe Berlapis Untuk Perletakan Jembatan, SNI 3967-2008 Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.

Anonim. 2000, Perencanaan Struktur Baja Untuk Bangunan Gedung Menggunakan Metode LRFD, Institut Teknologi Bandung, Pusat Penelitian Antar Universitas Bidang Ilmu Rekayasa.

Dewabroto, Wiryanto 2016. “Struktur Baja Perilaku, Analisis & Desain AISC 2010 Edisi ke-2”. Tangerang, Jurusan Teknik Sipil UPH.

Husnul Arif, Azizah Rachmawati, Studi Alternatif Perencanaan Bangunan Atas Jembatan Sriwedari Dengan Menggunakan Rangka Baja 3 Bentang Sungai Bengawan Solo Kabupaten Ngawi, Jurnal Rekayasa Sipil, Volume.5, Nomor.2, Tahun 2017.

Febry Suhendra, Faisal Ananda, Alamsyah, Perencanaan Jembatan Rangka Pelengkung Sungai Liong, Jurnal Teknik Sipil, Volume.2, Nomor. 2, Tahun 2018.

Jimu Fernando Ghello, Sudirman Indra, Agus Santosa, Studi Alternatif Perencanaan Struktur Atas Jembatan Rangka Baja Tipe Pelengkung, Jurnal Gelagar, Volume.2, Nomor.1 Tahun 2020.

Rafika Sari Dewi, Rini Pratiwi Annur, Moga Narayudha, Siti Hardiyati. Perencanaan Alternatif Desain Jembatan Jurang Gempal Kabupaten Wonogiri, Jurnal Karya Teknik Sipil, Volume 5, Nomor 1, Hal 122-134, Tahun 2016.

Salmon, CG. Johnson, JE. 1992. Struktur Baja Desain dan Perilaku Jilid 1 : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Setiawan, Agus. 2008. Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD. (Berdasarkan SNI 03-1729-2002), Jakarta, Penerbit Erlangga.

Setiawan, Agus. 2013. Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD Edisi ke-2. (Berdasarkan SNI 03-1729-2002), Jakarta, Penerbit Erlangga.

Struyk, H.j. Van Deer Veen, H.K.J.W, 1995. Jembatan Terjemahan Soemargono. Jakarta : PT. Pradya Paramita.

Sunggono kh, V, Ir, 1995. Buku Teknik Sipil, Bandung : Penerbit Nova.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v4i2.2518

Article Metrics

Sari view : 1826 times
PDF - 968 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.