PENGUJIAN KARATERISTIK PENGISIAN BATERAI DARI GENERATOR DC MAGNET PERMANEN MENGGUNAKAN SOLAR CHARGING CONTROLLER

Herris Yamashika, Mahyessie Kamil

Sari


Penelitian ini melakukan pengujian karateristik pengisian baterai yang menggunakan generator DC magnet permanen sebagai sumber, dan pengaturan pengisian baterai menggunakan Solar Charging Controller (SCC) yang sering dipakai sebagai pengatur pengisian dari panel surya. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui nilai tegangan dan rpm minimal generator agar baterai dapat terisi. Pelaksanaan pengujian dilakukan menggunakan generator DC magnet permanen dengan kapasitas 250 watt, 24 Volt, pada putaran 2750 rpm. Genarator ini dihubungkan ke SCC untuk mengatur pengisian baterai VRLA 12 Volt 7 Ah, dan beban lampu 12 Volt 5 Watt sebanyak 20 buah. Sebagai penggerak mula, digunakan motor induksi 3 fasa yang putarannya dapat diatur melalui Variable Speed Drive (VSD). Parameter arus dan tegangan dari masing-masing generator, baterai, dan beban lampu akan diamati. Untuk mengetahui putarang generator, rpm meter digunakan untuk mengetahui putaran generator. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa tegangan minimum generator agar dapat mengisi baterai adalah 12.3 Volt pada putaran 1630 rpm.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Harrington, S., & Dunlop, J. (1992). Battery Charge Controller Characteristics in Photovoltaic Systems. IEEE AES Magazine, (August).

Kenjo, T., & Nagamori, S. (1985). Permanent Magnet and Brusless DC Motor. Oxford University Press.

Park, S., Miwa, H., Clark, B. T., Ditzler, D. S. K., Malone, G., & Neil, S. D. (2008). A Universal Battery Charging Algorithm for Ni- Cd , Ni-MH , SLA , and Li-Ion for Wide Range Voltage in Portable Applications. In 2008 IEEE Power Electronics Specialists Conference (pp. 4689–4694).

Priya, R. (2016). Generalized Mathematical Modeling and Analysis of a PMDC Generator. International Journal of Research and Discovery, 2(June), 18–20.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v4i1.2280

Article Metrics

Sari view : 929 times
PDF - 692 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.