IDENTIFIKASI MANAJEMEN RISIKO KINERJA BIAYA PADA PROYEK KONTRUKSI GEDUNG DI PROVINSI SUMATRA BARAT (Dilihat dari sudut pandang kontraktor)

Leli Honesti, Jelang Ramadhan

Sari


Proyek konstruksi memiliki sejumlah risiko yang bervariatif, serta menghadapi banyak masalah ketidakpastian dan risiko, jika terjadi dapat mengurangi kerugian biaya yang dapat menjadikan kontraktor mengalami kerugian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor risiko yang mempengaruhi biaya pada proyek pembangunan Irigasi di Kabupaten Kerinci. Proses didalam manajemen risiko proyek adalah identifikasi faktor-faktor risiko, analisa risiko. Penelitian untuk mengetahui faktor-faktor risiko dilakukan secara kualitatif, dengan menganalisa data persepsi yang didapat dari kuesioner dengan responden kontraktor proyek pembangunan irigasi yang ada di Kabupaten Kerinci. Analisa data diolah dengan statistik deskriptif, statistical program for the social sciences (SPSS), dan analisa level risiko, untuk mendapatkan rangking factor. Hasil analisa data menunjukkan ada lima faktor risiko utama yang berpengaruh terhadapbiaya pada proyek pembangunan proyek Irigasi di Kabupaten Kerinci, yaitu : Kurang tepatnya perencanaan biaya, jadwal dan mutu, rangking 1 (95.26%); Kondisi tanah yang tidak terduga, rangking 2 (93,16 %); Cuaca yang sangat buruk, rangking 3 (91,58%); Kenaikan harga yang tidak terduga untuk tenaga kerja dan bahan, rangking 4 (86,84 %); Ketelitian dalam memilih personil, rangking 5 (82,11 %). Dari olahan data analisa regresi ditemukan 5 faktor yang mempengaruhi/signifikan, diantaranya X2, X9, X11, X13, X14, diantara 5 faktor diatas ada 1 yang sangat signifikan yaitu X2 ( kurang tepatnya dalam pekerjaan konstruksi).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kadir, Abdul et al, 2005. Factors Affecting Construction Labour Productivity For Malaysian Residential Projects. Journal of Structural Survey, Vol. 23, No. 1, pp. 42 – 54.

Marzuki, Puti Farida., Lumeno, Shirly Susanne., 2011. “Persepsi Risiko Terhadap Penyediaan dan Penge- lolaan Tenaga Kerja Dalam International Joint Venture pada Proyek Infrastruktur”. Jurnal Teknik Sipil, Vol. 18, No. 1

Iman Soeharto, 2. 2001. Manajemen Proyek dari konseptual sampai operasional. Erlangga. Jakarta.

Flanagan, R & Norman, G. 1993. Riks Management and Construction. Blacwell Sceance. London.

Rahayu, P. H. 2001. Ansuransi Construction All Riks Sebagai Alternatif Pengendalian Resiko Proyek Industri Konstruksi Indonesia. Seminar Nasional ManajemWnt Kontruksi 2001. Fakultas Teknik Universitas Katolik Parahyangan. Bandung.

Djojosoedarso, S. 1999. Prinsi-prinsip Manajement Resiko dan Ansuransi. Jakarta: Selamba Empat.

Kersner, H. 1995.Proyek Management A System Aproach to Planing Scheduling and Controling. Fitth Edition. New York: Van Nostrand Reinhold.

Godfrey, P.S. Sir Williem Halcrow and Partners Ltd. 1996. Control Of Riks A Guide to Sysrematic Management Of Riks From Construktion. Wesminster London: Construction Industry Reseaarch and Information Association (CIRIA).

Agung Nugroho, Buono, 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit ANDI

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/SMARTEK/article/view/618/536




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v4i1.2030

Article Metrics

Sari view : 91 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.