ANALISA KEBUTUHAN DAN KAPASITAS RUANG PARKIR PADA ZONA A UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA

Yayan Adi Saputro, Khotibul Umam, Dhian Marhaendri Kakantini

Sari


Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara merupakan satu – satunya universitas yang ada di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Yang memiliki lima fakultas program sarjana dan satu program pasca sarjana. Dimana universitas islam nahdlatul ulama jepara terdapat salah satu masalah yaitu ruang parkir, meskipun pihak Universitas telah menyediakan ruang parkir pada setiap fakultas namun kenyataannya masih banyak kendaraan baik motor maupun mobil yang parkir di sembarang tempat misalnya di tepi jalan, sehingga mengganggu lalu lintas di Universitas. Terdapat beberapa zona parkiran di UNISNU Jepara dan zona yang diperkirakan paling meluap yaitu pada zona A untuk kendaraan sepeda motor. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kapasitas ruang parkir pada zona A dan mengevaluasi kebutuhan ruang parkir pada zona A. Dengan menggunakan metodologi identifikasi masalah, pengumpulan data, perhitungan data, serta analisis kapasitas ruang parkir. Luas lahan parkir pada zona A 750 m2 dari hasil analisa perhitungan kapasitas ruang parkir yang tersedia hanya mampu menampung 500 SRP untuk sepeda motor sedangkan kapasitas ruang parkir kebutuhan mencapai rata – rata 1607 SRP, untuk nilai turn over pada waktu maksimum rata – rata 3,21, dengan durasi selama 8 jam rata-rata 25,71 menit, indeks parkir didapat maksimal 101,2%. Dengan hasil dari analisa perhitungan menunjukkan bahwa ketersediaan ruang parkir tidak dapat memenuhi daripada kebutuhan ruang parkir saat ini, maka perlunya tindakan lanjutan dari masalah ini.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djoeffan, S. H. (2002) ‘Penanganan Infrastruktur Parkir Dl Jalan Ir. H. Juanda Bandung’, pp. 165–178.

Haris, V. T. and Lubis, F. (2018) ‘Analisis Areal Parkir pada SMK Negeri 5 Kota Pekanbaru’, 12, pp. 65–72.

Hidayat, I., Makmur, A. and Juliastuti, G. (no date) ‘TERHADAP PENGGUNA KAMPUS ANGGREK BINUS UNIVERSITY University ; ( 2 ) menganalisis seberapa efektif adanya lahan parkir baru yaitu parkir lantai 8’, 2(2), pp. 1046–1054.

Kapasitas, K. and Parkir, D. A. N. E. (2017) ‘Kajian kapasitas, kebutuhan, dan efektivitas parkir di bandar udara el tari kupang’, 11(1), pp. 74–83.

Liawatimena, S., Parkir, S. and Yang, O. (2008) ‘Prototipe Sistem Parkir Otomatis Berdasarkan Topologi Kampus Syahdan , Universitas Bina Nusantara’, 2(9).

Pendapatan, T., Daerah, A. and Sukoharjo, K. (2016) ‘Issn : 2302 - 1590 e-issn: 2460 – 190x’, 4(1).

Sutapa, I. K., Suparta, I. W. D. and Susila, I. N. D. (2017) ‘Karakteristik Parkir Sepeda Motor Pada Pusat Perbelanjaan Hardy ’ S Sesetan’, 7(1), pp. 23–26.

Ugm, F. and Ugm, F. (2017) ‘Deteksi Ketersediaan Slot Parkir Berbasis Pengolahan Citra Digital Menggunakan Metode Histogram of Oriented Gradients dan Support Vector Machine 1’, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v4i2.1916

Article Metrics

Sari view : 128 times
PDF - 58 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.