IMPLEMENTASI METODE NEWTON RAFSHON DALAM REKONFIGURASI PENYULANG SUNGKAI OKURA DI PT. PLN UNIT LAYANAN PELANGGAN (ULP) RUMBAI

Zulfahri Zulfahri, Monice Monice

Sari


Peningkatan permintaan daya dan kepadatan beban yang tinggi membuat operasi sistem tenaga semakin rumit, Dalam penyaluran tenaga listrik ke konsumen yang letaknya berjauhan, maka sistem mengalami kenaikan rugi-rugi daya dan jatuh tegangan yang cukup besar yang mengakibatkan rendahnya kinerja sistem tersebut . Untuk mencapai tujuan pendistribusian energi listrik menuju beban dengan meminimalisir rugi rugi daya dan menyalurkan energi listrik yang berkualitas, maka dilakukanlah sebuah rekonfigurasi jaringan distribusi dengan mengalihkan pembebanan dari penyulang yang mengalami kelebihan beban ke penyulang yang kekurangan beban. Rekonfigurasi sistem adalah program yang bertujuan untuk mengkonfigurasi ulang sistem sistem dengan berbagai tujuan seperti reduksi kerugian, peningkatan stabilitas, peningkatan tegangan profil dan lain-lain. PT. PLN Rumbai terdapat dua penyulang yang akan dilakukan rekonfigurasi yakni penyulang Sungkai dan penyulang Okura. Penyulang Okura merupakan penyulang ekspress yang mensuplai listrik ke PLN perawang. Penyulang Sungkai dan Okura terpisah oleh sakelar seksi recloser danau buatan. konfigurasi ulang dimodelkan dan disimulasikan melalui aliran daya metode newton rapshon berdasarkan data real time beban penyulang Sungkai dan Okura adalah 110 kW dan tegangan terendah sebesar 0.974. Setelah dilakukan rekonfigurasi diperoleh peningkatkan profil tegangan hingga sebesar 0.981 berada pada margin yang diinginkan, serta dapat mengurangi rugi – rugi daya dari keadaan eksisting 110 kW menjadi 74 kW.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aji Akbar Firdaus, Edwin Rozzaq Prasetiyo, Rekonfigurasi Jaringan Distribusi Akibat Kontingensi Menggunakan Metode Binary Integer Programming (Studi Kasus : Sistem Distribusi 20 kV Surabaya), Jurnal Teknologi , Vol. 6 No. 2 Oktober 2018.

Asnal Effendi, Arfita Yuana Dewi dan Edward Crismas, Analisa Drop Tegangan PT PLN (Persero) Rayon Lubuk Sikaping Setelah Penambahan PLTM Guntung, Jurnal Teknik Elektro ITP, Vol. 6, No. 2, JULI 2017

. Hidayatul Nurohmah, Agus Raikhani dan Machrus Ali, Rekonfigurasi Jaringan Distribusi Radial Menggunakan Modified Firefly Algorithms (MFA) Pada Penyulang Tanjung Rayon Jombang, Ilmu Teknik Elektro dan Rekayasa, Vol 1, No.2, Oktober 2017

I Made Yudha Anggara Putra, Ngakan Putu Satriya Utama dan I. A. Dwi Giriantari , Rekonfigurasi Jaringan Pada Penyulang Blahkiuh Dengan Menggunakan Metode Particle Swarm Optimization (PSO), Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, Vol. 18, No. 1, Januari - April 2019.

Osea Zebua1, I Made Ginarsa, Rekonfigurasi Jaringan Distribusi Untuk meminimisasi Rugi-rugi Penyulang Kabut di Gardu Induk Teluk Betung Menggunakan Metode Binary Particle Swarm Optimization (BPSO), Vol: 5, No. 1, Maret 2016.

Su Mon Myint, Soe Win Naing, Network Reconfiguration for Loss Reduction and Voltage Profile Improvement of 110-Bus Radial Distribution System Using Exhaustive Search Techniques, International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE), Vol. 5, No. 4, August 2015.

Saadat, Hadi, 1999. Power System Analysis. Power Geeration, Operation, and Control. Jhon wiley & Sons, Inc.

Yoakim Simamora, Sigit Sukmajati, dan Rio Afrianda.Optimasi Rekonfigurasi Jaringan Distribusi Radial Untuk Meminimalkan Rugi jaringan menggunakan Metode Simple Branch Exchange, Jurnal Energi & Kelistrikan Vol. 10, No. 2, September 2018, P-ISSN 1979-0783.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v3i2.1861

Article Metrics

Sari view : 566 times
PDF - 407 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.