PENGARUH AKTIVITAS PASAR TERHADAP ARUS LALU LINTAS (STUDI KASUS PASAR BASO KABUPATEN AGAM)

Helga Yermadona, Mira Meilisa

Sari


Pasar Baso Kabupaten Agam merupakan pasar tradisional yang menghubungkan jalan kota Bukittinggi-Payakumbuh. Ramainya aktivitas pasar setiap hari Senin membuat hambatan samping yang sangat tinggi. Tingginya hambatan samping setiap hari Senin ini mempengaruhi kinerja lalu lintas jalan dan mengakibatkan penurunan kecepatan kendaraan saat melintasi ruas jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui volume lalu lintas pada jam sibuk, Level of Service (LOS), pemodelan dan pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan pada ruas jalan di Pasar Baso Metode pengambilan data dengan cara survei volume lalu lintas, hambatan samping dan kecepatan rata-rata kendaraan, metode analisis data menggunakan PKJI 2014 dan uji statistik regresi linear berganda. Hasl volume lalu lintas untuk dua arah pada jam sibuk 14.00-15.00 sebesar 1915 skr/jam, dengan nilai Q/C 0,84 LOS level D. Pemodelan terbaik hubungan kecepatan dengan hambatan samping untuk arah Bukittinggi-Payakumbuh: Y = 35,539– 0,083X1 – 0,107X2, dengan R2 = 71,1% artinya kecepatan kendaraan dipengaruhi secara simultan dan partial oleh X1 (pejalan kaki), X2 (kendaraan berhenti dan parkir) sebesar 71,1%. Arah Payakumbuh-Bukittinggi: Y = 24,596 – 0,008X3 dengan R2 = 47% artinya kecepatan kendaraan hanya dipengaruhi oleh X3 (kendaraan masuk keluar) sebesar 47%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hukmia. (2015). Pengaruh Aktivitas Komersial Terhadap Lalu Lintas di Koridor Jalan Perintis Kemerdekaan. Perencanaan Wilayah Dan Kota, 4 Nomor 2, 79–90.

Ishak. (2016). Pengaruh Pasar Tradisional Terhadap Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Pasar Baru Talang Banjar Kota Jambi). Rekayasa Sipil, XIII(April), 13–22.

Kementrian Pekerjaan Umum. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (Kapasitas Jalan Luar Kota). Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga.

Ofanza, R., Sugiarto, & Anggraini, R. (2017). Analisis Tingkat Pelayanan Jalan W.R. Supratman Akibat Aktivitas Parkir di Pasar Peunayong, Banda Aceh. Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala, 1(September), 187–198.

Rauf, H., Sendow, T. K., & Rumayar, A. L. E. (2015). Analisa Kinerja Lalu Lintas Akibat Besarnya Hambatan Samping Terhadap Kecepatan Dengan Menggunakan Regresi Linear Berganda (Studi Kasus Ruas Jalan Dalam Kota Pada Segmen Jalan Lumimuut). Sipil Statik, 3(10), 669–684.

Senduk, K. T., Rumayar, A. L. E., & Palenewen, S. C. N. (2018). Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Raya Kota Tomohon (Studi Kasus : Persimpangan JL . Pesanggrahan – Persimpangan JL . Pasuwengan). Sipil Statik, 6(7), 461–470.

Tamin, O. Z. (2008). Perencanaan, Permodelan dan Rekayasa Transportasi. Bandung: Penerbit ITB.

Yermadona, H. (2018). Analisa Kebutuhan Jalur Pedestrian Pada Pasar Koto Baru Kabupaten Tanah Datar. Menara Ilmu, 12(9), 85–91.

Yermadona, H. (2019). Analisis Tingkat Pelayanan Jalan Akibat Pasar Tradisional Koto Baru Kabupaten Tanah Datar. Ensiklopedia, 1(2), 186–191.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v3i1.1713

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjujngan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.