STUDI AKSESIBILITAS OBJEK WISATA DI KABUPATEN PASAMAN

Endang Susumaningsih, Purnawan Purnawan, Yossyafra Yossyafra

Sari


Abstrak : Kabupaten Pasaman merupakan salah satu kabupaten yang berada di Propinsi Sumatera Barat.kabupaten ini beribu kotakan kecamatan Lubuk Sikaping. Di kabupaten Pasaman terdapat tiga objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu objek wisata Equator, objek wisata Puncak Tonang dan objek wisata Air Panas Rimbo Panti. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi wisatawan mengunjungi sebuah objek wisata adalah aksesibilitas menuju objek wisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi tentang aksesibilitas objek wisata di kabupaten Pasaman. Metode penelitian bersifat deskriptif, dengan sampel penelitian 50 responden yang di survey untuk setiap objek wisata yang diteliti. Variabel penelitian yaitu alternatif jalan, kondisi jalan, jarak tempuh, waktu tempuh, alat transportasi dan biaya kunjungan wisata. Teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi lapangan, survey atau wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Analisa data menggunakan teknik skoring dengan model rumus Struges. Interval untuk mengukur tingkat aksesibilitas objek wisata di kabupaten Pasaman terdiri dari tiga kategori yaitu 20 – 24 termasuk kategori aksesibilitas sangat mendukung, 14 – 19 termasuk kategori aksesibilitas mendukung dan 8-13 termasuk kategori aksesibilitas tidak mendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksesibilitas menuju objek wisata Equator Bonjol termasuk kategori aksesibilitas mendukung dengan nilai tingkat aksesibilitas yang diperoleh yaitu 17. Kemudian, aksesibilitas menuju objek wisata Puncak Tonang termasuk kategori tidak mendukung dengan nilai tingkat aksesibilitas yang diperoleh yaitu 13. Dan aksesibilitas menuju objek wisata Air Panas Rimbo Panti termasuk kategori aksesibilitas mendukung dengan nilai aksesibilitas yang diperoleh yaitu 19.

Kata Kunci : pasaman, aksesibilitas, kategori, objek wisata

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, HR 2011. Analisis Aksesibilitas Fasilitas dan Daya Tarik Objek Wisata Lembah Hijau Kelurahan Suka danaham Tanjung Karang Barat Kota Lampung. 2011. Sripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Apreri, S 2016, Wisata Alam Rimbo Panti, Artikel. Pasaman.

BPS. Kabupaten Pasaman, 2018, Pasaman Dalam Angka. Pasaman.

Diavelyta, 2013, Objek wisata Equator Bonjol Di Daerah Pasaman, Artikel. Pasaman.

Dwi, M 2018, Aksesibilitas Objek Wisata Air Terjun Sinar Tiga Di Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran, Skripsi, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Hendry, 2010, Populasi dan Sampel, Artikel, Jakarta.

Karyano, A 1997, Kepariwisataan, Jakarta: Gramedia.

Muhammad, S 2011, Analisis Tentang Dan Kunjungan Wisatawan Di Objek Wisata Bukit Surowiti Kecamatan Pancang Kabupaten Gresik, Jurnal. Vol.8.

Muljadi, 2009, Kepariwisataan dan Perjalanan, Jakarta: PT Grafindo Persada.

Oka, YA 1990, Pengantar Ilmu Pariwisata, Bandung: Angkasa.

Pemerintah Daerah Pasaman, 2018, Pengunjung Objek Wisata Pasaman. Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pasaman, Pasaman

Suwantoro, G 1997, Dasar-dasar Pariwisata, Yogyakarta.

Singarimbun, M & Efendi, S 1987, Metodologi Penelitian Survei, Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.

Sakato, 2018, Puncak Tonang – Objek Wisata Alam yang Ada di Kabupaten Pasaman, Artikel, Pasaman.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Artikel, Bandung.

Sugiyono, 2013, Statistik Untuk Penelitian, Artikel, Bandung.

Suryabrata, 1983, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rajawali Press.

TASAC, 2008, Tourist attraction signposting, viewed 8-2-10-2008.

Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Undang-Undang No 13 Tahun 1980 tentang Definisi Jalan.

Wijaya, 2015, Analisis Aksesibilitas Menuju Objek Wisata dan Akomodasi Wisata Di Kabupaten Gianyar, Jurnal, Universitas Udayana, Denpasar.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v3i1.1702

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.