TEMPAT PEMBAKARAN SAMPAH ORGANIK RAMAH LINGKUNGAN

Muchlisinalahuddin Muchlisinalahuddin, Dytchia Septi Kesuma

Sari


Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa mahkluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia untuk dapat terurai. Sampah organik bisa dikatakan sebagai sampah ramah lingkungan bahkan sampah bisa diolah kembali menjadi suatu yang bermanfaat bila dikelola dengan tepat. Tetapi sampah bila tidak dikelola dengan benar akan menimbulkan penyakit dan bau yang kurang sedap hasil dari pembusukan sampah organik yang cepat.
Berdasarkan jenisnya sampah organik dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu sampah organik basah dan kering. Sampah Organik Basah contohnya adalah sisa sayur, kulit pisang, buah yang busuk, kulit bawang dan sejenisnya. Inilah yang saya katakan bahwa sampah organik dapat menimbulkan bau tidak sedap sebab kandungan air tinggi yang menyebabkan sampah jenis ini cepat membusuk. Dan Sampah Organik Kering contoh kayu, ranting pohon, kayu dan daun – daun kering.
Hasil yang dikaji pada penelitian ini diharapkan adalah berupa produk atau box sampah yang ringan dan mudah dipindahkan serta dapat difungsikan sebagai tempat pembakaran sampah yang ramah lingkungan bersih terhadap abu dari sisa pembakaran dan dengan lapisan dinding mampu mengurangi panas dari dalam pembakaran sehingga panas tersebut tidak meniaikan suhu lingkungan sekitar. Dengan tujuan untuk menjaga sampah organik bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat. Secara khusus penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk skala dan ukuran yang lebih besar khususnya untuk pembakaran sampah organik dan mampu menampung sampah yang ada terutama sampah dikota-kota besar dan bisa dikembangkan lagi dengan model teknologi pembakar yang lebih baik dan tetap memperhatikan lingkungan sekitar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bagus, Trisaksono P. 2002. “Pengelolaan Dan Pemanfaatan Sampah Menggunakan Teknologi Incenerator.” Jurnal Teknologi Lingkungan 3(1): 17–23.

Latief, A.S. 2012. “Manfaat Dan Dampak Penggunaan Insinerator Terhadap Lingkungan.” Jurnal Teknis 5: 20–25.

Margono, Poedjo Rahardjo henky. 2011. “Rancang Bangun Prototipe Tungku Pembakar Sampah Radioaktif 1.” Jurnal Perangkat NUklir 5(1978): 1–8.

Martana, Budhi et al. 2017. “Perencanaan Dan Uji Performa Alat Pembakar Sampah Organik.” Bina Teknika 13: 65–71.

Pradipta, Galih Adia Nuraga. 2011. Desain Dan Uji Kinerja Alat Pembakar Samapah (Incinerator) Tipe Batch Untuk Perkotaan Dilengkapi Dengan Pemanas Air. Bogor.

Saragih Jahn Leonard, Herumurti Welly. 2013. “Evaluasi Fungsi Insinerator Dalam Memusnahkan.” Jurnal Teknik POMITS 2(2): 138–43.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v3i1.1680

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.