Simulasi Ulang Distribusi Temperatur, Tegangan Sisa, dan Distorsi Pelat Stainless Steel 304

Rizaldy Hakim Ash Shiddieqy, Alexius L Johanis, Hanif Nugroho Aji

Sari


Pada paper ini dilakukan pemodelan ulang dari pengelasan GTA untuk mendapatkan distribusi temperatur, tegangan sisa, dan distorsi menggunakan software Abaqus untuk melakukan analisis elemen hingga. Data eksperimen didapat dari paper Venkatkumar. Analisis elemen hingga dilakukan menggunakan Abaqus menggunakan prosedur Coupled temperature displacement. Model sumber panas yang digunakan adalah distribusi Godak dan menghasilkan temperatur puncak yang perbedaannya kecil dibandingkan hasil pengukuran. Nilai sejarah temperatur diplot dan dibandingkan dengan hasil pengukuran termokopel, laju pendinginan hasil simulasi lebih lambat dibandingkan hasil pengukuran. Distribusi temperatur dan tegangan sisa yang dihasilkan cukup baik, sedangkan untuk prediksi distorsi dari simulasi terlalu kecil dikarenakan laju pendinginan yang terlalu lambat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


D. Venkatkumar, D. Rabindran. 2016. 3D Finite Element Simulation of Temperature Distribution, Residual Stress and Distortion on 304 Stainless Steel Plates using GTA Welding, Journal of Mechanical Science and Technology 30 (1) (2016) pp: 67-76. Tamilnadu: National Engineering College.

Andreas Robertsson, Jerk Svedman. 2013. Welding Simulation of a Gear Wheel Using FEM. Master’s thesis 2013:50. Goterborg: Chalmers University of Technology.

Pat L. Mangonon. 1999. The Principles of Material Selection for Engineering Design. New Jersey: Prentice-Hall




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v3i1.1634

Article Metrics

Sari view : 283 times
PDF - 239 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.