ANALISIS PERESAPAN AIR PADA LAPANGAN SEPAK BOLA DI STADION OLAHRAGA KABUPATEN PASAMAN BARAT

Syofyan Z

Sari


Lapangan sepak bola merupakan sarana terpenting dalam stadion sepak bola. Terjadinya genangan air saat pertandingan berlangsung harus di hindari untuk kelancaran suatu pertandingan. Dalam perencanaan peresapan air pada lapangan sepak bola Stadion Olahraga Kabupaten Pasaman Barat digunakan sistem drainase bawah permukaan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisa perencanaan sistem peresapan air pada lapangan sepak bola Stadion Olahraga Kabupaten Pasaman Barat. Untuk mengetahui sistem peresapan yang sesuai saat kala hujan rencana ulang 2, 5, dan 10 tahun, sehingga tidak terjadi genangan air pada lapangan.
Analisis hidrologi di hitung dengan analisis frekwensi data hujan menggunakan empat metode distribusi yaitu normal, log-normal, log-person III dan gumbel. Selanjutnya, dipilih metode distribusi terbaik berdasarkan uji kecocokan chi-square dan smirnov-kolmogorov. Perencanaan sistem peresapan air pada lapangan sepak bola Stadion Olahraga Kabupaten Pasaman Barat adalah drainase bawah permukaan (subdrain).Yang di analisis dari beberapa parameter perhitungan, yaitu dimensi pipa saluran, kedalaman saluran, dan jarak antar saluran. Selanjutnya, di bandingkan terhadap intensitas hujan (I) pada waktu konsentrasi (tc) yang terjadi pada kala ulang 2; 5; dan 10 tahun, untuk mengetahui terjadinya genangan pada lapangan sesuai analisis perencanaan peresapan air.
Data yang diketahui adalah spesifikasi teknis, sedangkan analisis perhitungan pada kala ulang hujan rencana tidak diketahui. Dari penelitian ini didapat hasil perhitungan, bahwa diameter pipa drain tidak memenuhi untuk mengatasi genangan. Sehingga perlu adanya evaluasi perencanaan ulang untuk pipa drain.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardy, Satriya. 2016. Perencanaan Sistem Drainase Stadion Bukit Lengis Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Malang : Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Bisri, M. 1991. Aliran Air Tanah. Malang : UPT Penerbitan Universitas Brawijaya.

Chow, VenTe. 1992. Hidrolika Saluran Terbuka. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Das, Braja m. 1991. Mekanika Tanah ( Prinsip – prinsip Rekaya Geoteknik ). Jakarta : Penerbit Erlangga.

Feri, Wibowo. 2014. Analisa Peresapan Air Pada Lapangan Sepak Bola Jember Sport Centre (Jsc). Jember : Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Jember.

Hasmar, Halim. 2012. Drainase Terapan .Yogyakarta : UII Press.

Imam Effendi, Ivan Gunawan dan Boas Hutagalung. 2012. Perencanaan Sistem Peresapan dan Penyiraman Lapangan Sepak Bola dengan Menggunakan Sistem Sel pada Stadion Teladan Medan. Medan : Volume 2, No 1. Jurnal Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara.

ITP. 2018. Buku Panduan Tugas Akhir (TA) Program Strata Satu (S1). Padang : Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Padang.

Joesron, Loebis. 1987. Banjir Rencana untuk Bangunan Air.Bandung : DPU.

Martha Ramdhani, M.Subhan Ramadhani. 2013. Perencanaan Ulang Sistem Drainase Lapangan Stadion Utama Sepak Bola Gedebage Bandung. Bandung : Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bandung.

Prodjopangarso. H. 1987. Drainase. Yogyakarta : Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Revo, F. S. 2018. Kaji Ulang Sistem Drainase Lapangan Sepak Bola Stadion Cileungsi Bogor. Bogor : Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Sri, Harto. 1993. Analisis Hidrologi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Suripin. 2004. Sistem Saluran Drainase Perkotaan Berkelanjutan. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Soemarto. C.D. 1999. Hidrologi Teknik. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Soemarwoto. 1991. Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Bandung : Penerbitan Djambatan.

Soewarno. 1995.Hidrologi Aplikasi Metode Statistik Untuk Analisa Data. Bandung : Penerbit Nova.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v3i1.1633

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.