PERANCANGAN RANGKA BODY MOBIL BUGGY UNTUK SATU ORANG PENUMPANG

Edison Edison, Delwita Delwita

Sari


Mobil buggy merupakan salah satu jenis dari mobil yang dirancang sesuai dengan kebutuhan kendaraan pariwisata. Kendaraan yang diperuntukan untuk anak-anak  usia 8-15 tahun dengan berat badan maksimum 75 kg, Kapasitas yang dimiliki hanya mampu membawa satu orang penumpang (single seater). Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menganalisis kekuatan rangka pada penumpang dengan beban 75 kg menggunakan software autodesk inventor, dengan menggunakan fitur stress analysis yang dilengkapi dengan metode finite element analysis (FEA). Dapat diketahui luaran berupa von misses stress, displacement, dan safety factor. Rangka hasil rancangan berdiameter 1 inchi, material mild steel.


Teks Lengkap:

Hal 266-269

Referensi


Rizayana, farid., (2004), desain dan pembuatan prototipe light buggy.teknik mesin universitas pasundan.

Siregar, fachruddin., (2007), pembuatan dan assembly komponen mobil buugy untuk satu penumpang.

Sadikin, ali., (2013), perancangan rangka chasismobil listrik untuk 4 penumpang menggunakan software 3D siemens NX8. Teknik mesin universitas negri semarang.

Amin, fuada dan fauzi, A (2013), rancang bangun mesin pemipil jagung dan penghancur bonggol jagung tenaga surya ramah lingkungan.

Sandhy, M, novian dan rahmawaty (2013), perancangan sasis mobil dan analisa pembebanan statik menggunakan perangkat lunak ansys 14.0. teknik mesin, sekolah tinggi teknik harapan.

Setyono, B., Mrihrenaningtyas dan hamid, A (2016), Perancangan analisis kekuatan frame sepeda hibrid “trisona” menggunakan software autodesk inventor.

Setyono, B dan gunawan, S (2015), perancangan dan analisis chassis mobil listrik “ semut abang” menggunakan software autodesk inventor pro 2013, seminar nasional sains dan teknologi tarapan III 2015 ISBN 978-98569-1-0.

Yamin, satyadarma dan hasanudin, A. (2008), analisis tegangan pada rangka mobil boogie




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v2i2.1433

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjujngan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.