PERANCANGAN, PEMBUATAN DAN PENGUJIAN KERETA PEMBAKAR SAMPAH

Nefli Yusuf, Femi Earnestly, Muchlisinalahuddin Muchlisinalahuddin, Novais Handradol, Ramdani Setiawan

##article.abstract##


Sampah merupakan barang tidak berguna yang harus dihabiskan/dikurangi karena menganggu kehidupan lingkungan. Menurut sifatnya ada dua jenis sampah yaitu dapat terbakar dan tidak dapat terbakar, kalau dibakar menghasilkan abu yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman, sedangkan yang tidak terbakar perlu daur ulang. Budaya masyarakat kebanyakan belum memperhatikan kesehatan lingkungan sehingga membuang sampah sembarangan, terutama sampah organik dan platik, terlihat di sepanjang jalan banyak sampah berserakan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membuat dan menguji kereta pembakar sampah yang dapat didorong di jalanan. Kereta pembakar sampah diharapkan dapat memisahkan abu sisa pembakaran (tempat pembakar dibuat tirus bercelah), bertemperatur tinggi, panasnya terpusat (ditutup dengan pelat besi, serta cerobong asap diatasnya) dan dapat menelusuri jalanan (memakai roda). Untuk dapat mempertahankan temperatur yang tinggi (dimasukkan kayu yang menyisakan bara apabila dibakar). Sisa pembakaran pun tidak memerlukan lahan pengumpul dimana sampah plastik memerlukan waktu lama untuk lapuk menjadi tanah (50-100 tahun). Hasil pengujian memperlihatkan bahwa 15 kg sampah dapat terbakar dalam jangka waktu 1 jam, dengan temperatur berkisar antara 500-620 oC, abu sisa pembakaran 1,1 kg dengan kondisi yang cukup bersih dari sisa pembakaran. Radiasi sebaran panas tidak terlalu mengganggu dimana tanaman berjarak satu meter tidak menjadi layu, sedangkan asap dapat mengalir pada ketinggian dua meter lebih.


##reader.fullText##

Hal 101-108

##submission.citations##


Bagus, Trisaksono P. 2002. “Pengelolaan Dan Pemanfaatan Sampah Menggunakan Teknologi Incenerator.” Jurnal Teknologi Lingkungan 3(1): 17–23.

Latief, A.S. 2012. “Manfaat Dan Dampak Penggunaan Insinerator Terhadap Lingkungan.” Jurnal Teknis 5: 20–25.

Margono, Poedjo Rahardjo henky. 2011. “Rancang Bangun Prototipe Tungku Pembakar Sampah Radioaktif 1.” Jurnal Perangkat NUklir 5(1978): 1–8.

Martana, Budhi et al. 2017. “Perencanaan Dan Uji Performa Alat Pembakar Sampah Organik.” Bina Teknika 13: 65–71.

Pradipta, Galih Adia Nuraga. 2011. Desain Dan Uji Kinerja Alat Pembakar Samapah (Incinerator) Tipe Batch Untuk Perkotaan Dilengkapi Dengan Pemanas Air. Bogor.

Saragih Jahn Leonard, Herumurti Welly. 2013. “Evaluasi Fungsi Insinerator Dalam Memusnahkan.” Jurnal Teknik POMITS 2(2): 138–43.




##submission.copyrightStatement##

Web
Analytics Kunjungan Saat ini

Kunjujngan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.