EVALUASI FASILITAS DAN JARAK TEMPAT PERHENTIAN KENDARAAN PENUMPANG UMUM (TPKPU) TRANS PADANG

Helga Yermadona

Sari


Koridor I Trans Padang mempunyai 73 tempat perhentian kendaraan penumpang umum (TPKPU) yaitu 45 halte dan 28 tempat pemberhentian bus (TPB) yang terdiri dari arah Imam Bonjol-Batas Kota sebanyak 35 unit (21 halte dan 14 TPB) dan arah Batas Kota–Imam Bonjol sebanyak 38 unit (24 halte dan 14 TPB). Di lapangan ditemukan bahwa informasi atau petunjuk jadwal kedatangan dan keberangkatan Trans Padang tidak dicantumkan di halte/TPB. Sehingga penumpang kesulitan memprediksi jadwal bus dan berapa lama waktu yang mereka perlukan untuk menunggu bus. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi fasilitas dan jarak antar halte/TPB sesuai Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: 271/HK.105/DRJD/96. Penelitian dilakukan dengan survey halte/TPB Trans Padang sepanjang Koridor I, kemudian mengevaluasi dan membandingkan kondisi eksisting hasil survey dengan standar yang ada. Berdasarkan analisis didapatkan hasil banyak halte/TPB yang tidak memenuhi syarat kelengkapan fasilitas. Berdasarkan jarak antar halte/TPB yang memenuhi syarat pada arah Imam Bonjol-Batas Kota sebanyak 19 halte/TPB, dan arah Batas Kota-Imam Bonjol 21 halte/TPB.

 

Kata kunci: Trans Padang, halte, TPB dan Koridor I.


Teks Lengkap:

Hal 40-48

Referensi


Asmara, A. G. (2016) Evaluasi Kinerja Halte Bus Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Bus Trans Sarbagita, Bali. Universitas Udayana.

Astri Mutia Ekasari (2014) ‘Evaluasi Rute dan Halte Bus di Kota Bandung’, Perencanaan Wilayah dan Kota, 15(1), pp. 42–49.

Dephub (1996) Pedoman Teknis Perekayasanaan Tempat Perhentian Kendaraan Penumpang Umum. Jakarta: Direktur Jenderal Perhubungan Darat.

Kami, B. H. (2006) ‘Evaluasi Fungsi Halte Sebagai Tempat Henti Angkutan Umum Studi Kasus Rute Terboyo-Pudakpayung, Semarang’, Media Komunikasi Teknik Sipil, 14 (3), pp. 287–296.

Kemenhub (2012) Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM.10 Tahun 2012 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan. Jakarta.

Nurjanah, R., Miro, F. and Nur, I. H. (2015) ‘Studi Evaluasi Penempatan dan Pemanfaatan Halte Trans Padang di Koridor I (Pasar Raya-Batas Kota)’, JFTSP, 2 (3), p. 70.

Pertiwi, D., Miro, F. and Eriawan, T. (2017) ‘Kajian Persepsi Pengguna Terhadap Kualitas Pelayanan Bus Trans Padang dengan Metode Servqual’, JFTSP, 2 (3).




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v2i1.1080

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjujngan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.