STUDI EKSPERIMENTAL PERILAKU TEKAN BAJA RINGAN DENGAN VARIASI PROFIL PENAMPANG

Ridho Aidil Fitrah, Hazmal Herman

Sari


Penelitian tentang baja ringan sudah sangat meningkat untuk menentukan analisis dan desain yang tepat. Salah satu peraturan di Indonesia tentang desain struktur baja canai dingin atau ringan adalah SNI 7971: 2013. Namun, ada hal yang menjadi fokus perhatian pada baja ringan saat didesain pada elemen tekan. Salah satu tekuk yang terjadi pada elemen tekan baja ringan yaitu tekuk lokal yang disebabkan oleh faktor geometri atau penampang. Setiap penampang baja ringan memberikan bentuk tekuk yang berbeda-beda. Untuk itu perlu dilakukan studi eksperimental tentang perilaku tekan pada beberapa bentuk profil baja ringan kanal C baik tunggal dan simetris ganda, seperti double channel box dan double channel back to back. Uji tekan akan dilakukan dengan universal testing machine dengan jumlah benda uji sebanyak 3 sampel, 1 sampel untuk masing-masing penampang, sebagai kolom pendek. Hasil pengujian ini adalah berupa kurva beban versus perpendekan yang akan dibandingkan dengan hasil analitik berdasarkan peraturan SNI 7971:2013. Selain itu, propagasi tekuk lokal yang terjadi di masing-masing penampang juga diamati. Berdasarkan hasil pengujian tersebut didapatkan penampang double channel box memiliki nilai beban ultimit dan kekakuan yang signifikan dibandingkan double channel back to back dan single channel. Selanjutnya, perhitungan kapasitas tekan berdasarkan SNI 7971:2013 sangat konservatif.


Teks Lengkap:

Hal 127-131

Referensi


Badan Standarisasi Nasional Indonesia. 2013. “SNI 7971:2013 Standar Nasional Indonesia untuk Struktur Baja Canai Dingin”. Jakarta : Indonesia.

Kadir, A.M. 2013. “Investigasi Eksperimental Perilaku Profil Baja Ringan Berpenampang Persegi Akibat Interaksi Beban Tekan Memusat dan Momen Lentur”. Jurnal Metalurgi Universitas Indonesia Vol 28 No 1 Hal 33-48 : Depok.

Sandjaya, Arif; dan Suryoatmono, B. 2018. “Studi Eksperimental Batang Tekan Baja Canai Dingin Diperkaku Sebagian ”. Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung Vol 25 No. 1. Hal 19-24 : Bandung.

Ruus, K . 2017. “Pengaruh Bentuk Profil Baja Ringan Terhadap Kuat Tekan”. Jurnal Sipil Statik Vol 5 No. 5 Hal 249-262 : Manado.

Wen Wei, Yu. 2000. “Cold Formed Steel Design, Third Edition”. University of Missoury-Rolla : United State of America (USA).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Web
Analytics Kunjungan Saat ini

Kunjujngan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.